Anji Umbar Klaim ‘Penemu’ Antibodi COVID-19, Pakar Ingatkan Bahayanya

Penyanyi Anji trending di media sosial gegera klaim Hadi Pranoto temukan obat Covid-19

HALOPADANG.ID — Musisi Erdian Aji Prihartanto alias Anji kembali membuat heboh dunia media sosial. Kali ini melalui akun Youtube-nya ia menampilkan seseorang yang mengaku pakar mikrobiologi. Pakar mikrobiologi yang dimaksud bernama Profesor Hadi Pranoto yang mengklaim telah menemukan obat atau ramuan herbal antibodi yang diklaim sudah mengobati ribuan pasien Corona.

Video ini pun mengundang banyak pertanyaan dari warganet yang melihatnya. Mulai dari sumber temuan obat ini hingga mempertanyakan si narasumber yang diundang Anji dalam videonya kali ini.

Menanggapi hal ini, ahli epidemiologi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), Pandu Riono, mengatakan bahwa tindakan yang dilakukan Anji ini bisa merugikan masyarakat. Menurutnya, identitas narasumber yang diundang tidak meyakinkan.

“Dia maksudnya apa sih ya? Nggak ada yang tahu bahwa dia (narasumber) itu mikrobiologis. Itu merugikan masyarakat, masyarakat gampang sekali dibohongi oleh selebriti yang pengen populer,” tegas Pandu dilansir Detikcom, Minggu (2/8/2020).

Menurut Pandu, jika hal seperti yang dilakukan Anji dibiarkan terus-menerus terjadi, masyarakat juga akan terus dibohong-bohongi soal virus Corona ini. Hal ini berujung membuat masyarakat semakin bingung menyikapi pandemi ini.

“Ya kalau ini dibiarkan terus, masyarakat akan dibohong-bohongi terus,” ujar Pandu.

Dampaknya, menurut Pandu, masyarakat bakal semakin tidak patuh. Misalnya tidak mau pakai masker dan menganggap masker menghalangi kebebasan, lalu tidak mengikuti anjuran pemerintah.

“Iya jadi tidak peduli,” tegasnya.

“Jadi sudah waktunya orang-orang yang menyebarkan berita bohong itu ditindak tegas, termasuk Anji,” pungkasnya.