Korea Selatan Resmi Resesi, Miliarder Ini Malah Berjaya di Tengah Pandemi

Kim Jung-ju/Foto: Dok. Forbes/NXC, KOREA

HALOPADANG.ID — Orang-orang tajir di dunia mungkin telah kehilangan banyak uangnya karena pandemi virus Corona (COVID-19). Namun kondisi itu tidak berlaku bagi miliarder Korea Selatan (Korsel) Kim Jung-ju yang kekayaannya malah meningkat di tengah pandemi.

Dilansir Forbes, Kamis (23/7/2020), kekayaan miliarder asal Korsel ini menjadi US$ 9,8 miliar atau setara Rp 142,1 triliun (kurs Rp 14.500/US$) berkat perusahaan game-nya, Nexon.

Pandemi ini sepertinya tidak menghambat bisnis mereka. Nexon merupakan salah satu pengembang game Korsel yang mendapat keuntungan dari lockdown sehingga ramai orang-orang bermain game di rumah.

Menurut SuperData dari Nielsen, belanja dunia untuk permainan digital telah naik 11% di bulan Maret dari bulan yang sama di tahun 2019. Sedangkan bulan April naik 17% ke rekor US$ 10,5 miliar.

Saham Nexon telah naik lebih dari 50% ke rekor tertinggi. Nexon melaporkan pendapatan kuartal I-2020 sebesar US$ 760 juta.

CEO Nexon Amerika, Owen Mahoney berharap momentum penjualan akan berlanjut setelah pandemi karena hiburan rumah secara digital menjadi lebih umum.

“Saya pikir kami akan melihat dalam 20 tahun dan kami akan mengatakan ini adalah titik balik dalam industri hiburan,” kata Mahoney.

Padahal ekonomi Korsel sendiri sudah masuk dalam jurang resesi. Ekonomi kuartal II terperosok ke -3,3% dan sebelumnya kuartal I mengalami kontraksi hingga -1,3%.