ATM di Bukittinggi Ini Dibobol Maling, Pelaku Diduga Sempat Makan Nasi Bungkus di Lokasi

atm
ATM BRI DIBOBOL - Petugas Polres Bukittinggi melakukan olah TKP terkait dengan ATM BRI dibobol pencuri di lokasi Aslam Mart Guguak Bulek Bukittinggi, Rabu (22/7).

HALOPADANG.ID–Anjungan Tunai Mandiri (ATM) milik BRI yang terletak di samping mini market Aslam Mart di Simpang Guguak Bulek Bukittinggi, dibongkar pencuri pada Rabu (22/7) dini hari. Bahkan, sekelompok pencuri yang menggasak uang tunai sekitar Rp120 hingga Rp130 juta itu sempat makan nasi bungkus di lokasi.

Perencanaan aksi tersebut dinilai cukup matang. Hal ini terlihat, sebelum mereka melakukan aksinya, pelaku memotong rantai yang memagari pekarangan Aslam Mart. Kemudian, pelaku mencongkel pintu masuk ATM yang sedang terkunci. Selanjutnya, membongkar mesin ATM dengan menggunakan mesin las.

Kepala Cabang BRI Bukittinggi, Hari Prasetyo ketika dikonfirmasi melalui selular membenarkan peristiwa itu, kerugian yang dialami BRI diperkirakan berjumlah Rp120 juta hingga Rp130 juta. Namun berapa jumlah pastinya, belum diperoleh dan masih menunggu hasil penghitungan.

Menurutnya, sebelum kejadian, rencananya vendor BRI akan mengisi kembali uang di ATM itu. Namun, urung dilakukan karena masalah jaringan.

“Jika jadi diisi kembali uang di ATM itu, tentu kerugian kami lebih besar lagi. Uang yang ada di ATM itu telah kita asuransikan,” tambahnya. Ia mengakui, ATM tidak dijaga selama 24 jam, namun setiap 2 jam sekali ada petugas security dari BRI yang mengontrol.

Salah seorang security BRI, Khairunna menyebutkan, sebelum kejadian, sekitar pukul 22,40 WIB dia mengontrol ATM BRI dilokasi tersebut. Namun, tidak ditemukan hal yang mencurigakan.

Sewaktu melakukan kontrol itu, lokasi di sekitaran ATM bersih tetapi setelah kejadian ada sisa nasi bungkus dan ember yang diduga milik pelaku yang tertinggal. Diduga, pelaku sempat makan dalam melakukan aksinya.

Kemudian, sekitar pukul 05,30 WIB, giliran rekannya Budi Sudrajat yang melakukan kontrol di ATM tersebut. Rekannya itu, terkejut mendapati ATM BRI telah dibongkar secara paksa dengan menggunakan mesin las.

“ATM BRI di sini, tidak dijaga selama 24 jam, tetapi ada pemilik Aslam Mart yang tinggal di sini, dia tidak mengetahui peristiwa tersebut,” katanya.

Di lokasi itu, tindak hanya ATM BRI saja, di samping kiri dan kanan ATM BRI, ada ATM Bank Nagari dan BNI tapi kedua ATM itu tidak dibobol oleh pelaku.(L-01)