Sukses Urus Covid, Dr Andani Diterima Risma dan Diwawancara DI’s Way

Dr Andani menerima cenderamata dari Wako Surabaya Tri Rismaharini

HALOPADANG.ID – Kepala Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran, Universitas Andalas (Unand), Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) Dr. Andani benar-benar sibuk di Surabaya. Bertemu dengan petinggi di Jawa Timur hingga diwawancarai khusus wartawan senior Dahlan Iskan di channel Youtube-nya

Dalam kesibukkannya itu, dia tetap mengawasi Lab yang ditinggalkannya yang tengah memeriksa 1.000 an sampel asal Kalimantan Selatan.

“Alhamdulillah, seribu (yang asal Kalimantan Selatan) itu tuntas. Kami terima pagi jam 9 dan pukul 5 paginya sudah selesai dikerjakan. Semangat tim di lab itu luar biasa,”kata Doktor Andani saat diwawancarai wartawan senior di Surabaya Dahlan Iskan di channel podcast Energy DI’s Way di Youtube.

Sebelum mengisahkan soal penanganan sampel covid asal Kalsel itu, penjelasan Dr Andani sempat bikin mantan Menteri BUMN itu terperangah. Andani menjelaskan dia bersama timnya bisa memeriksa sampel hingga 3.500 sampel dalam sehari.

“Wow….,”kata Dahlan.

“Padahal labor lain hanya mampu mengerjakan hingga 250 sampel saja,”lanjut Dahlan.

Andani yang pengurus KAHMI (Korps Alumni HMI) Padang itu sendiri tampak tak ingin terlena dengan pujian-pujian yang disampaikan Dahlan. Ia tampak tetap ingin concern dengan pemaparannya dan sesekali masih bercerita soal mimpi-mimpinya terkait dengan pengabdian seorang dokter.

Selain bersama Dahlan, ia juga berkomunikasi dengan Wagub Jatim Emil Dardak. Selain itu, Sabtu (18/7/2020) kemarin, ia diundang Wako Surabaya Tri Rismaharini ke kediamannya.Kepada Risma, ia menyebut siap membantu Pemkot Surabaya dalam meningkatkan kapasitas pengujian di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Surabaya.

“Salah satu solusi yang kita rancang adalah Labkesda Surabaya itu kita aktifkan dengan target se-optimal mungkin. Paling tidak pada akhir Agustus Labkesda Surabaya bisa sampai 4.000 sampel per hari,” kata Dr. dr. Andani seperti dilansir suarasurabaya.net. (HP-001)