Seorang Youtuber Ketahuan saat Coba Ambil Kumis Harimau di Padang Pariaman

harimau
Ilustrasi harimau

HALOPADANG.ID–Menyamar sebagai wartawan, seorang pria kedapatan hendak mencuri kumis harimau yang tertangkap di di Korong Surantih, Nagari Lubuk Alung, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, pada Sabtu (11/7).

Kejadian tersebut bermula saat harimau tersebut tertangkap dalam kandang yang sudah disiapkan oleh BKSDA Sumbar. Pada saat evakuasi, pria tersebut terlihat oleh petugas sedang merekam video menggunakan kamera.

Pada saat itu ia mendekati kepala harimau yang sudah pingsan oleh obat bius. Namun, ia justru berusaha mencabut kumis si raja singa dan diketahui oleh petugas, sehingga terjadi perdebatan pada saat itu.

Namun, saat diinterogasi oleh petugas, ia mengaku wartawan. Ketika dimintai identitas ia tak mampu menunjukan profesinya sebagai jurnalis dan akhirnya mengaku sebagai youtuber. Setelah cekcok tersebut si pria tersebut menghilang dari lokasi.

Dilansir dari tribunpadang, Kepala BKSDA Sumbar, Erly Sukrismanto mengatakan, kejadian tersebut dalam penyelidikan. Pihaknya akan memanggil pelaku untuk dimintai keterangan.

“Orangnya kan ada di dalam video kami, jadi nantinya akan kita mintai keterangannya,” ujar Erly Sukrismanto, Rabu (15/7).

Menurut pihaknya yang berada di lapangan, lelaki tersebut tidak sampai tercabut kumis harimau tersebut.

“Tapi akan tetap kami mintai keterangan kepadanya, karena sudah ada niatnya untuk mengambil,” sebutnya.

Mengambil bagian tubuh satwa dilindungi, termasuk kumis harimau, adalah perbuatan pidana yang diatur dalam undang-undang.

“Kalau dia terbukti mengambil akan kita tindak sesuai peraturan, tapi kalau tidak terbukti akan tetap kami peringati atau membuat surat pernyataan,” katanya.(R-01)