Tingkatkan Komoditas Pangan, Pariaman Terima Bantuan Bibit Jagung

jagung
Wali Kota Pariaman Genius Umar saat panen jagung

HALOPADANG.ID–Guna meningkatkan produksi komoditas pangan dan mewujudkan ketahanan di Kota Pariaman, pemerintahan setempat mendapatkan bantuan bibit jagung dari pemerintah pusat untuk 200 hektare lahan.

“Pariaman memiliki program ketahanan pangan hingga ke desa dan kelurahan,” kata Wali Kota Pariaman Genius Umar saat panen jagung di Pariaman, saat melakukan panen raya di Kota Pariaman, Selasa (14/7).

Bantuan bibit jagung tersebut dapat membantu pihaknya untuk merealisasikan program ketahanan pangan yang dibuat dan nantinya berdampak pada pemenuhan kebutuhan konsumsi serta peningkatan perekonomian warga.

“Dengan ini akan menjang keperekonomian masyarakat kami,” kata Genius Umar.

Oleh karena itu, lanjutnya dalam mewujudkan ketahanan pangan tersebut pihaknya tidak saja menggerakkan desa dan kelurahan serta pemangku kepentingan terkait untuk memanfaatkan lahan kosong untuk menanam tanaman namun juga pada bidang perikanan dan peternakan.

Ia menyebutkan saat ini ada sejumlah desa di Pariaman yang dinyatakan tangguh pangan yaitu Padang Biriak-biriak dan Sikabu dan jumlah tersebut ditargetkan terus bertambah.

Pengembangan tangguh pangan di desa dan kelurahan di Pariaman berdasarkan potensi daerah masing-masing sehingga terjadi variasi produksi pangan di daerah itu.

Saat ini harga jagung untuk pakan ayam di Pariaman turun yaitu dari Rp4 ribu per kilogram menjadi Rp3,4 ribu per kilogram yang hal tersebut menurutnya terjadi karena adanya penurunan produksi akibat rendahnya pesanan dari konsumen semenjak pandemi COVID-19.

“Namun menurut saya harganya akan naik kembali karena sektor ekonomi sudah mulai dibuka,” katanya.

Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kota Pariaman Dasril mengatakan bantuan bibit jagung dari pemerintah pusat telah dibagikan pihaknya kepada petani di daerah itu.

Bantuan bibit jagung dari pemerintah pusat tersebut naik dari tahun sebelumnya yaitu hanya untuk 100 hektare lahan.

Ia menyebutkan, saat ini produksi jagung di Pariaman telah mencapai 120 ton naik dari tahun sebelumnya hanya 80 ton.(W-01).

Wali Kota Pariaman, Genius Umar lakukan panen pertama jagung di Kelurahan Jalan Baru, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Selasa (14/7).