Keren! Desa di Pariaman Ini Mengaji Bersama Sebelum Melayani Masyarakat

mengaji
Kepala Desa Cubadak Mentawai, Azwirman sedang baca al quran bersama dengan perangkat, Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa di Kantor Desa Cubadak Mentawai, Rabu (8/7).

HALOPADANG.ID–Desa Cubadak Mentawai Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman mempunyai kebiasaan unik setiap mengawali kegiatannya di pagi hari. Selain apel perangkat desa Forkopimdes mengaji bersama (tadarus) sebelum memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Di sini ada dua macam apel yang kami laksanakan, pertama apel gabungan satu kali satu bulan dan apel rutin setiap hari,” kata Kepala Desa Cubadak Mentawai, Azwirman di Pariaman, Rabu (8/7).

Ia mengatakan, untuk apel gabungan ini diikuti seluruh unsur, dan apel setiap hari ini diikuti oleh perangkat desa dan kepala dusun di desa Cubadak Mentawai. Dimana setelah apel ini langsung dilaksanakan mengaji bersama selama 30 menit.

“Setiap harinya seluruh perangkat desa dan kepala dusun ini wajib hadir di kantor sebelum jam 08.00 WIB,” katanya.

Azwirman mengatakan kegiatan itu telah dilaksanakan semanjak satu tahun belakangan, agar sebelum memberikan pelayanan kepada masyarakat itu seluruh perangkat Desa terlebih dahulu diisi rohani (mengaji) dan jasmaninya.

“Setelah mengaji kami lanjutkan dengan sarapan pagi baru dilanjutkan dengan memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Ia mengatakan, setelah itu, pihak desa juga mengundang semua lembaga-lembaga di desa untuk berdiskusi tentang apa permasalahan yang terjadi di desa itu dalam setiap harinya.

“Mungkin dalam diskusi itu kepala dusun melaporkan apa ada masyarakat yang sagit atau bagaimana, atau ada pembangunan yang terkendala dan seabagainya,” katanya.

Atas laporan itu, nanti akan dicarikan solusinya bersama-sama agar permasalahan-permasalahan itu bisa teratasi semuanya. Serta semua permasalahan yang ada di desa itu bisa dikomunikasikan dengan baik.

“Harapannya ke depan semua yang dikerjakan oleh perangkat desa ini bisa berjalan dengan baik, sehingga semua kebutuhan masyarakat itu bisa terpenuhi semunya,” ujar Azwirman. (W-01)