Ikuti

Pj Wako Padang Jamin Ketersediaan Sembako di Padang jelang Libur Idul Adha

HALOPADANG.ID – Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Andree Algamar melakukan sidak ke Pasar Alai dan Tanah Kongsi, Kamis, (13/6/2024).

Guna menekan angka inflasi dan memastikan ketersediaan stok pangan menjelang Iduladha 1445 Hijriah.

Andree menegaskan, stok pangan di Kota Padang menjelang hari Iduladha aman dengan harga yang dapat dikendalikan.

“Setelah kita pantau, harga pangan yang tertinggi masih cabai merah dan bawang merah. Salah satu faktornya karena kita bukan daerah produksi. Tapi kami upayakan agar harga tetap terkendali dan stok terjaga,” tuturnya.

Ia menyebutkan guna mengatasi kenaikan harga bawang merah dan cabai merah itu pihaknya akan terus bekerjasama dengan Toko Tani Indonesia Center (TTIC) Sumbar. TTIC berperan sebagai salah satu usaha pemerintah memotong rantai pasok pangan.

Masyarakat dapat memperoleh bahan pangan dengan harga terjangkau, mudah diperoleh dan berkualitas, dan petani sebagai produsen, suplier, distributor bahan pangan juga dapat menikmati hasil keuntungan yang berkeadilan.

“Dinas terkait kita juga terus kerjasama menjaga harga melalui operasi pasar. Usai cek lapangan ini, kita akan merumuskan langkah strategis pengendalian stok pangan. Ini juga berhubungan dengan selesainya masa tanggap darurat bencana yang melanda beberapa daerah di Sumbar sebulan lalu,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPS Kota Padang Alfianto menuturkan saat ini iInflasi di Kota Padang pada Mei secara m-to-m yaitu 0,7 persen. Pihaknya menyarankan Kota Padang untuk membuka komunikasi efektif dengan daerah penghasil komoditi penyumbang inflasi. (HP-001)

Exit mobile version