Syahrial Dipercaya Menahkodai Alumni UMSB

alumni
Penyerahan pataka kepada Ketua Alumni UMSB Syahrial

HALOPADANG.ID–Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) melantik Syahrizal ST. Dt. Palang Gagah dipercaya sebagai Ketua Umum Ikatan Alumni UMSB yang ditandai dengan pembacaan fakta integritas dan penyerahan petaka di Kampus UMSB Bukittinggi, Senin (6/7).

Syahrizal Dt. Palang Gagah terpilih secara aklamasi untuk masa jabatan 2020-2024 melalui hasil mukhtamar alumni lintas fakultas beberapa waktu lalu.

Ketua Umum alumni UMSB Syahrizal Dt. Palang Gagah mengaku telah menyiapkan beberapa program prioritas antara lain mengkonsolidasi organisasi sehingga kuat dan menjadi pilar kejayaan UMSB.

“Saat ini, ada sekitar 13 ribu alumni, mereka banyak berkarya di berbagai bidang ilmu termasuk dipemerintahan. Ini akan jadi kekuatan untuk kepentingan pendidikan UMSB,” kata Syahrizal yang juga Bakal Calon Wakil Wali Kota Bukittinggi.

Baca Juga :  Pesantren Kauman Kembangkan Kreativitas Santri Lewat Nobar dan Beda Film Pendek

Salah satu, prioritasnya adalah membantu mempromosikan kembali UMSB agar makin bersaing dengan perguruan tinggi lain baik swasta maupun negeri.

“UMSB harus memperlihatkan eksistensi, tidak lagi bicara kuantitas akan tetapi kekuatan kualitas alumni yang dilahirkan. Sebaran alumni diharapkan menjadi representasi semua disiplin ilmu,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bukittinggi Irwandi, mengatakan selama ini Pemko Bukittinggi ikut berkontribusi terhadap perkembangan Kampus UMSB. Buktinya, sejak 2 tahun terakhir Pemko Bukittinggi telah memberikan dana hibah sebesar Rp1,7 milyar untuk pembangunan Kampus UMSB di Bukittinggi.

Menurut Irwandi, UMSB mempunyai alumni yang sangat banyak dan tersebar diberbagai lini. Oleh sebab itu, pengurus yang terpilih harus bisa mengerakkan potensi yang ada itu, untuk kemajuan kampus.

Baca Juga :  Pesantren Kauman Kembangkan Kreativitas Santri Lewat Nobar dan Beda Film Pendek

“Kami sering berkomunikasi dengan rektor, beliau merupakan rektor termuda di Indonesia dan beliau adalah asset kita yang harus kita dukung bersama termasuk para alumni,” kata Irwandi.

Rektor UMSB DR. Riki Saputra, MA mengatakan kehadiran Ikatan Alumni UMSB meeupakan angin segar bagi Kampus. Mekanisme pembentukan kepengurusannya yang penuh kekeluargaan. Hal itu ditandai dengan dihelatnya acara pelantikan yang langsung diikuti agenda rapat kerja.

“Kekuatan 75 pengurus yang tersebar di berbagai lini sektoral, semoga mampu mendongkrak akselerasi kebangkitan UMSB,” katanya.

Riki meyakini lahirnya wadah ikatan alumni daat meningkatkan optimisme pengembangan kampus ke depan. Dalam hal pembangunan fisik,diakuinya telah banyak bantuan dana hibah mengalir dari alumni-alumni yang tersebar di pemerintah daerah maupun instansi lainnya.

Baca Juga :  Pesantren Kauman Kembangkan Kreativitas Santri Lewat Nobar dan Beda Film Pendek

“Dalam waktu dekat kami harapkan segera lahir program studi yang prospektif, yang digemari calon mahasiswa namun tetap mencetak intelektual. Pembentukan alumni tidak boleh seremonial dan parsial apalagi hanya ingin menyandang gelar prestisius. Alumni senior harus mampu membimbing alumni baru agar kian bersaing di dunia kerja,” ungkapnya.(L-01).