Ikuti

Server Masih Bermasalah, PPDB Sumbar Ditunda

ppdb
Ilustrasi website error

HALOPADANG.ID–Meski sempat berencana memperpanjang masa pendaftaran dan seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2020/2021 untuk tingkat SMA/SMK Sederajat hingga 28 Juni, namun Dinas Pendidikan (Disdik) Sumbar akhirnya memutuskan untuk menunda masa pendaftaran hingga 29 Juni.

Kepala Disdik Sumbar, Adib Alfikri menyebut keputusan penundaan ini diambil setelah pihaknya mendapat arahan lebih lanjut dari Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno. Menurutnya, Langkah ini dilakukan untuk semakin menyempurnakan server PPDB online agar masalah serupa tidak terjadi kembali.

“Jadi untuk saat ini situs pendaftaran sengaja kami tutup, dan baru akan dibuka kembali pada 29 Juni mendatang. Sengaja kami beri waktu tambahan selama tiga hari untuk para teknisi menyempurnakan server PPDB online, sehingga masalah yang terjadi kemarin tidak terulang kembali,” katanya melalui sambungan telepon, Kamis (25/6) sore.

Di samping itu, pihaknya atas rekomendasi gubernur, juga telah membentuk Tim Supervisi dan bekerjasama dengan pihak Universitas Negeri Padang (UNP) untuk mengatasi permasalahan server ini. Ia mengatakan, apabila masih bermasalah, maka server PPDB akan dipindahkan ke server UNP.

“Kami harap ini bisa selesai dalam tiga hari, dan jika masih bermasalah, jalan terakhirnya, server PPDB akan kami pindahkan ke UNP,’ tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris PPDB SMA/SMK Sumbar Irma menyatakan, dengan adanya penundaan ini, maka pihaknya melakukan penyesuaian jadwal kembali. Namun, ia memastikan hal ini tidak akan mengganggu jadwal masuk sekolah.

Tahun ajaran baru, ucapnya, akan tetap dimulai pada 13 Juli. “Yang akan berubah hanya jadwal pengumuman kelulusan dan pendaftaran ulang. Tahun ajaran baru tetap akan dimulai seperti yang telah dijadwalkan,” katanya.

Lebih lanjut, ia menambahkan, hingga saat ini telah ada sebanyak 25.000 lebih siswa yang telah mendaftar PSBB secara daring. Jumlah ini masih jauh dari jumlah total lulusan SMP Sederajat tahun ini, yakni sekitar 96.000 orang.

“Untuk itu, kami melakukan langkah penundaan ini agar permasalahannya benar-benar selesai, dan tidak ada masyarakat yang merasa dirugikan,” ucapnya.

Dengan adanya penundaan ini, maka masa pendaftaran dan seleksi PSBB akan bergeser menjadi 29 Juni-2 Juli 2020. Kemudian dilanjutkan dengan pengumuman hasil kelulusan pada 3 Juli, dan pendaftaran ulang pada 3-4 Juli 2020.

Sementara untuk pendaftaran PPDB SMA/SMK Jalur Prestasi akan berlangsung pada 5-Juli 2020. Diikuti pengumuman hasil kelulusan ppada 7 Juli, dan pendaftaran ulang pada 7-8 Juli 2020.

Pendaftaran PPDB Tahap II akan berllangsung dari 9-10 Juli. Lalu, pengumuman hasil kelulusan pada 11 Juli, dan pendaftaran ulang pada 11-12 Juli 2020. (Q-05)

Exit mobile version