Hari Ini Jemaah Naqsabandiyah Padang Telah Berpuasa Ramadan

Halopadang.id – Hari ini jemaah Naqsabandiyah di Kota Padang mulai melaksanakan ibadah puasa Ramadan 1441 Hijriah. Pada Rabu (22/4/2020) malam, jemah sudah mulai menggelar salat Tarawih. 

Mursyid jemaah tarekat Naqsabandiyah Surau Baitul Makmur Pauh, Syafri Malin Mudo mengatakan, perhitungan 1 Ramadan 1441 Hijriah dilakukan dengan melihat bulan sejak bulan Rajab dan Sya’ban.

“Kami menggunakan metode hisab Munjid, dasarnya sejak tahun 16 Hijriah, jadi pada malam ke-8, ke-15 dan ke-22 bulan Rajab kami sudah melihat bulan,” terang Syafri kepada wartawan.

Ada beberapa masjid dan musala di Padang yang menjadi pusat ibadah jamaah tarekat Naqsabandiyah. Mayoritas masjid dan musala berada di Kecamatan Pauh dan Kecamatan Lubuk Kilangan.

Baca Juga :  Dishub Kota Padang Sisir dan Bersihkan Terminal Bayangan di Lubuk Begalung

Namun, tahun ini Ramadan yang dirasakan oleh tarekat Naqsabandiyah di Padang agak berbeda. Karena adanya wabah Covid-19, tradisi suluak yang biasanya digelar seminggu sebelum masuknya puasa ditiadakan.
I
“Tahun ini tak ada tradisi suluak. Ini saja kita masih khawatir karena menggelar tarawih di tengah kondisi Covid-19,” kata salah seorang jamaah yang meminta namanya tak disebutkan pada Rabu (22/4/2020) malam. (002)