Universitas Bung Hatta Bagikan Alat Pencuci Tangan ke Masjid dan Sekolah

universitas bung hatta
Penyerahan alat pencuci tangan dari IUBH kepada pengurus masjid

HALOPADANG.ID–Mengingat bahwa penyebaran Covid-19 semakin meningkat di Sumatra Barat, khususnya di Kota Padang, Universitas Bung Hatta berinisiatif untuk menyalurkan bantuan untuk pencegahan penyebaran Covid-19 ke masjid-masjid di Kota Padang.

“Saat ini kita perlu ‘awas’ terhadap permasalahan penyebaran Covid-19. Tentu, kehati-hatian dan kewaspadaan masyarakat sangat dibutuhkan agar penyebaran virus mematikan ini segera berakhir, di samping mengimplementasikan tagar #dirumahaja. Oleh sebab itu, kami Universitas Bung Hatta kemudian berpikir hal apalagi yang bisa kami lakukan untuk masyarakat di tengah pandemi yang semakin mengkhawatirkan ini. Lantas, melalui Program Studi Teknik Kimia, kami bergerak menciptakan alat pencuci tangan portable, yang dapat diciptakan dan digunakan secara praktis untuk masyarakat. Kuncinya disiplin. Untuk itu, Universitas Bung Hatta mengimbau agar masyarakat teratur dalam hal kebersihan, sebagaimana imbauan pemerintah tentang mencuci tangan ketika memasuki tempat-tempat umum. Jika masyarakat benar-benar disiplin, Insyallah kita selamat dari ancaman Covid-19,”kata Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Tafdil Husni.

Sebelumnya, Prodi Teknik Kimia, di bawah bimbingan Prof. Dr. Reni Desmiarti telah berhasil menciptakan hand sanitizer, cairan disinfektan, dan masker secara bersama dengan mahasiswa. Produk ini telah dinikmati masyarakat, baik internal maupun eksternal Universitas Bung Hatta.

“Hasil kolaborasi ini merupakan implementasi kurikulum yang kami adobsi berdasarkan jargon Mas Menteri, yakni ‘Kampus Merdeka, Merdeka Belajar’. Untuk itu, kami beri kesempatan yang seluas-luasnya bagi mahasiswa agar aktif, kreatif, dan inovatif sehingga atmosfer akademik Universitas Bung Hatta terasa nyata dan terasa lebih kental suasana kekeluargaan antara dosen dan mahasiswa. Kami tidak hanya menerapkan pendekatan kontekstual di kelas, tetapi juga di luar kelas,”imbuhnya.

Tentang pendistribusian produk alat pencuci tangan, Wakil Rektor II, Dra. Susi Herawati, M. Pd., membenarkan bahwa untuk Kota Padang, alat ini akan dibagikan ke masjid-masjid di Kota Padang, seperti Masjid Jami’al Kamil di Kelurahan Purus dan Masjid Asy-Syahidin di Kecamatan Padang Utara, Masjid Nurul Ihsan di Padang Baru, dan Masjid Lubuk Minturun. Tidak hanya itu, pendistribusian produk ini juga dibagikan ke SMA Bunda Padang).(R-01)

Baca Juga :  Resmikan Penggunaan 2 BTS di Tanjuang Labuah, Andre Rosiade Targetkan Blankspot di Sijunjung Tuntas