Liga Amatir Segera Bergulir di Sumbar Setelah Liga 1 dan 2 Kick Off

HALOPADANG.ID –  Ketua Umum, H. Indra Datuak Rajo Lelo, SH, MM langsung memimpin kongres biasa tahunan Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Sumatera Barat dengan seluruh anggotanya, pada Sabtu (12/6/2021) di salah satu ruang sidang DPRD Sumbar.

Rapat ini juga  dihadiri anggota Komite Eksekutif (Exco) lainnya, Suhatri Bur SE MM (Wakil Ketua Umum), Dr. H. Arsil, M.Pd (Komite Teknik, Pegembangan SDM dan Futsal), H. Erasukma Munaf, ST, MM (Komite Kompetisi dan Disiplin) Oskar Simta (Komite Promosi, Marketing dan Media) dan Zulfrinaldi (Komite Pengembangan Sepak Bola Usia Dini, Sepak Bola Wanita dan Sepak Bola Pantai).

Satu per satu agenda kongres disampaikan Sekretaris Umum, Hendra Dupa. Diantara fokus penting yang diutarakan yakni Penyampaian Laporan Kegiatan dan Rencana Kegiatan 2021.

Ia menyebutkan beberapa kendala yang menyasar PSSI untuk melaksanakan program di Sumbar.  Namun, tahun ini, mereka sudah bersiap untuk menggulirkan kembali liga amatir. Hendra menyampaikan jadwal pelaksanaan di tingkat Asprov adalah Juli-Oktober.

Babak regional November dan Babak Nasional pada Desember. Untuk usia pemain adalah kelahiran 1 Januari 1999 sampai dengan 31 Desember 2001. Lalu, gelaran Piala Soeratin U-17 tahun kelahiran 1 Januari 2005 – 31 Desember 2006. Kemudian U-15 kelahiran 1 Januari 2007 – 31 Desember 2008 dan U-13 tahun kelahiran 1 Januari – 31 Desember 2010.

“Untuk Soeratin U-17, peserta klub anggota Asprov PSSI Sumbar. Soeratin U-15 dan U-13 peserta klub anggota Asprov PSSI Sumbar plus SSB terafiliasi. Juara provinsi di tiga Kelompok Usia ini langsung ke babak nasional,” terangnya.

Diluar Penyampaian Laporan Kegiatan dan Rencana Kegiatan 2021, agenda lainnya adalah Penyampaian Revisi Statuta PSSI Sumbar, Penerimaan Anggota dan Calon Anggota. Kongres berakhir pada jam 13.00 WIB.

Ketua PSSI Sumbar, Indra Datuak Rajo Lelo kepada peserta kongres, 19 Askab/Askot se-Sumbar, klub anggota dan calon anggota PSSI Sumbar, Asosiasi Futsal Provinsi Sumbar dan Asosiasi Pelatih Sepakbola Seluruh Indonesia (APSSI) Sumbar mengatakan kongres yang digelar sesuai dengan statuta PSSI.

“Semua poin-poin agenda kongres dipaparkan dan diputuskan bersama. Serupa yang dilakukan tadi. Ketua hanya ketok palu saja terhadap apa yang disepakati dan diputuskan bersama. Statuta nya begitu,” ucapnya. (HP-002)