FIFA Respon PSSI Terkait Alih Status Ezra Walian

HALOPADANG.ID – PSSI bergerak cepat memperjuangkan Ezra Walian agar pemain naturalisasi asal Belanda tersebut dapat kembali membela Timnas Indonesia di pertandingan yang tercantum dalam kalender resmi FIFA.

Sekjen PSSI, Yunus Nusi mengatakan setelah beberapa hari lalu PSSI telah menerima dokumen administrasi yakni akte lahir orang tua Ezra. PSSI langsung menindaklanjuti melalui surat yang dikirim ke FIFA untuk proses alih status Ezra. Dan surat PSSI dibalas langsung oleh FIFA yang isinya menerima dan akan memproses dokumen yang dikirimkan oleh PSSI.

“Iya, hari Jumat (11/6) ini kami menerima surat dari FIFA yang ditandatangani oleh Head of Players Status FIFA, Erika Montemor Ferreira. Kemudian, PSSI langsung merespon kembali melalui surat yang dikirim ke FIFA dan bersyukur FIFA langsung merespon,” kata Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

Seperti diketahui sejak Putusan FIFA pada tahun 2019 lalu, pemain asal klub Persib Bandung ini tidak dapat membela Indonesia di ajang resmi FIFA. Ezra sendiri sudah menjalani proses naturalisasi pada tahun 2017 lalu.

Sebelumnya PSSI terus melakukan komunikasi serta bersurat kepada FIFA dan Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB).

“Dengan proses ini, PSSI berharap agar Ezra dapat segera bermain lagi bersama Timnas Indonesia. Proses administrasi dan pergantian asosiasi Ezra memang membutuhkan waktu dan tidak mudah. Apalagi dirinya pernah bermain bersama Timnas Belanda di kelompok usia U-15, U-16, dan U-17. PSSI sangat serius melakukan penelusuran berdasarkan aturan terbaru FIFA terkait alih status pemain. Kami memberikan bukti-bukti dokumen pendukung yang dapat memperkuat status Ezra untuk Indonesia. Terakhir kami terima dokumen akte kelahiran bapaknya Ezra,” tambah Yunus Nusi.

Selain itu, PSSI juga aktif melakukan pengkajian terkait Ezra dan segala kemungkinan-kemungkinan yang berdasar hukum atas hal tersebut.

“Yang jelas PSSI berusaha semaksimal mungkin untuk Ezra, yang mungkin saja banyak dialami beberapa pemain lainnya baik yang berhubungan dengan Indonesia, maupun negara lainnya. Kami berharap Ezra dan keluarga juga mendukung langkah-langkah PSSI dan terus berkomitmen untuk Timnas Indonesia,” tukas Yunus Nusi. (HP-001)