Tiga Daerah di Sumbar Dekati Zona Merah, Salah Satunya Limapuluh Kota

  • Bagikan
Tiga Daerah di Sumbar Dekati Zona Merah, Salah Satunya Limapuluh Kota 1

HALOPADANG.ID — Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumatera Barat (Sumbar) tetap bertugas sepanjang libur Idul Fitri 1422 H. Mereka mencatat, hingga pekan ke 60 minggu pandemi Covid-19, total warga Sumbar yang positif terinfeksi melanda sudah mencapai 40.111 orang dan sebagian besar sudah sembuh, yakni 36.370 orang dan meninggal dunia 878 orang.

Selain soal jumlah pasien terpapar, Juru Bicara (Jubir) Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar Jasman mengatakan secara zonasi daerah saat ini terdapat 15 kabupaten dan kota yang berada di zona risiko sedang (oranye) dan empat daerah zona risiko rendah (kuning).

Hanya saja, dari 15 daerah itu terdapat tiga daerah yang skornya di bawah 2,00, yakni Kabupaten Tanahdatar, Pasaman Barat dan Limapuluh Kota. Angka itu menurutnya sudah mendekati zonasi merah dan perlu perhatian penuh untuk menghadapinya.

“Skor Kabupaten Tanahdatar, Pasaman Barat dan Limapuluh Kota mendekati zona merah. Diharapkan Satgas Covid-19 daerah tersebut segera melakukan semua upaya yang dianggap perlu dan penting untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayahnya,” ujar Jasman.

Sementara itu, daerah yang berada di zona kuning adalah, Kota Pariaman, Kepulauan Mentawai, Kota Solok dan Kabupaten Dharmasraya. Untuk Kota Pariaman sendiri, jadi yang terbaik di Sumbar pada pekan ini dengan skor 2,99, sesuai dengan indikator kesehatan masyarakat. Gugus Tugas Penanganan Covid-19 juga menilai bahwa Kabupaten Solok Selatan (Solsel) menunjukkan tren yang baik dalam penanganan penyebaran Covid-19. (HP-003)

  • Bagikan