Sedang Berkhutbah, Seorang Ustad di Kabupaten Agam Meninggal Mendadak

ilustrasi

HALOPADANG.ID — Kabar duka terbentang saat pelaksanaan rangkaian ibadah Salat Idul Fitri di Nagari Magek, Kabupaten Agam , Sumatera Barat. Seorang penceramah di nagari tersebut, Marnis Bahrum (70) meninggal mendadak saat menyampaikan khotbah Idul Fitri, Kamis (13/5/2021)

“Beliau terjatuh saat menyampaikan khutbah Salat Idul Fitri , tepatnya di khotbah kedua ketika berdoa di Masjid Istiqamah Magek,” kata Wali Jorong Kampuang Bawah, Nagari Magek, Kecamatan Kamang Magek, Joh Har, di Kabupaten Agam.

Pada saat itu, kata Wali Jorong, Ustadz Marnis tampak langsung tersandar ke mimbar dan tiba-tiba berhenti berkhotbah. Terkejut melihat kondisi demikian, ia bersama jamaah lain secara spontan langsung berdiri menolong ustadz itu dan sempat melarikan ke Puskesmas terdekat.

“Masya Allah, semoga beliau khusnul khatimah, sepertinya ustaz sudah wafat di dalam masjid ini ketika beliau terjatuh dari khutbahnya,” kata Jon Har seperti dilansir klikpositif.com.

Ia menambahkan isi pengajian Ustadz Marnis begitu menyentuh dan tersampaikan dengan rapi. Menurutnya, tidak ada tanda-tanda ustadz sedang mengalami sakit sebelum berceramah.

“Saya sempat bercengkrama dan berbicara ringan dengan beliau sebelum menaiki mimbar, kebetulan saya ada di sebelah beliau duduk,” kata dia.

Wafatnya Ustadz Marnis membuat banyak jamaah bertangisan ketika ramai mengantarkan jenazah almarhum ke rumah kediamannya di daerah Tilatang Kamang. Ustadz Marnis dikenal sebagai ulama bersahaja dan aktif membantu sesama. Dia memiliki pondok tahfiz Al Quran di Namuang, Koto Tangah. (HP-001)