Tiga Ton Ikan di Karamba Danau Maninjau Mati Terapung

  • Bagikan
Tiga Ton Ikan di Karamba Danau Maninjau Mati Terapung 1

HALOPADANG.ID Peristiwa tahunan matinya ikan dalam keramba di Danau Minanjau, di Agam sepertinya belum kunjung bisa diatasi pihak terkait. Setidaknya, dilaporkan, ada tiga ton ikan yang mati, seperti yang diinfokan camat setempat, Handria Asmi.

Menurut Camat Tanjung Raya itu, peristiwa ini sudah berlangsung sejak akhir pekan lalu dan sejak Selasa (27/4/2021) dilaporkan tak ada lagi ikan yang mati.

“Kemarin, sudah tak ada lagi yang mati,”katanya, Rabu (28/4/2021).

Ia mengakui, peristiwa yang terjadi akhir April ini jauh lebih kecil secara volume jika dibandingkan dengan peristiwa serupa yang terjadi Februari 2021 silam. Saat itu, katanya, ada puluhan ton ikan yang mati di karambau Danau.

“Peristiwa kali ini terjadi di Nagari Tanjung Sani dan Nagari Sungai Batang, tapi tak sebanyak peristiwa sebelumnya yang terjadi Februari lalu.

Sejumlah hal seperti angin kencang, dan terlalu banyaknya pakan ikan yang mengendap biasanya merupakan faktor matinya ikan di keramba Danau Maninjau ini. Di sisi lain, ada kemungkinan hal ini dipicu akibat kepadatan pengisian ikan di dalam keramba tersebut. (HP-002)

  • Bagikan