Siapkan Prodi Kedokteran Olahraga, UNP juga Bangun Rumah Sakit

  • Bagikan
Gelar Tes Masuk Perguruan Tinggi, UNP Siapkan Klinik Antisipasi Penyebaran Covid
Gelar Tes Masuk Perguruan Tinggi, UNP Siapkan Klinik Antisipasi Penyebaran Covid

HALOPADANG.ID — Universitas Negeri Padang (UNP) berencana akan mendirikan rumah sakit tipe D guna menunjang keberadaan Prodi Kedokteran Olahraga (Sport Medicine). rumah sakit tersebut rencananya didirikan tahun 2021 ini di kawasan kampus UNP dan kini sudah memasuki tahapan lelang.

Hal ini dikatakan Rektor UNP Ganefri di hadapan Gubernur Mahyeldi saat saat pembukaan Prodi Kedokteran Universitas Negeri Padang (UNP) dengan kekhususan kedokteran olahraga (Sport Medicine) dan ceramah ramadan di Mesjid Al-Azhar UNP, Sabtu, (24/4/2021).

Ia memaparkan, untuk membangun prodi kedokteran dengan kekhususan olahraga itu, pihaknya sudah mempunyai dosen tetap sebanyak 12 orang. Upaya pembukaan Prodi Kedokteran UNP dengan kekhususan olahraga sendiri sudah dilakukan tahun 2018 silam.

“Dan pendirian prodi kedokteran UNP sudah ada MoU dengan Universitas Indonesia dengan Universitas Andalas dengan tujuan untuk keperluan pembinaan dan pengembangan dunia pendidikan kesehatan bersama,” sebutnya.

Ia menambahkan Prodi Kedokteran UNP dengan kekhususan olahraga ini akan dipusatkan dua tempat di Bukittinggi dan di kota Padang. Di Bukittinggi kita memakai RSUD Dr. Achmad Mochtar sebagai RS rujukannya. Karena RS itu ada 29 orang dokter spesialis, yang sudah menyerahkan ijazahnya sebagai dokter kemitraan klinis.

Sementara itu, Tim Task Force Prodi Kedokteran UNP Dr. dr. Linda Rosalina, Mbiomed mengatakan fakultas kedokteran ini nanti akan dibina langsung oleh Fakultas Kedokteran UI, dan Fakultas Kedokteran Unand. Sebagai bagian dari persiapan, beberapa langkah sudah dipersiapkannya, di antaranya melakukan FGD hingga Workshop.

“FGD tersebut juga digelar bersama Fakultas Kedokteran UI dengan stakeholder rumah sakit dan dinas kesehatan serta seluruh perguruan tinggi negeri yang di Sumbar.Kami juga sudah mengadakan workshop untuk penyiapan kurikulum dengan FK UI. Dengan IDI Sumatera Barat kita juga sudah mendapatkan dukungan penuh dan kita juga sudah punya tahapan kerjasama dengan Fakulty Perubatan UMKM Malaysia, termasuk MOU lainnya juga sudah dilakukan baik di dalam maupun luar negeri,” ujar Linda.

Gubernur Mahyeldi sendiri mendukung penuh kehadiran Prodi Kedokteran Universitas Negeri Padang (UNP) dengan kekhususan kedokteran olahraga (Sport Medicine). Prodi baru tersebut sangat dibutuhkan, apalagi di tengah kondisi wabah pandemi Covid-19, yang banyak merenggut nyawa tenaga kesehatan.

  • Bagikan