Sandiaga Minta Andre Rosiade Bantu Percepatan Pembangunan Pariwisata Sawahlunto

HALOPADANG.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meminta anggota DPR RI asal Sumbar Andre Rosiade untuk membantu percepatan peningkatan kualitas pelayanan pariwisata di Kota Sawahlunto. Jaringan Andre di pusat menjadi harapan untuk menyelesaikan sejumlah bengkalai usaha pariwisata di kota penuh pesona itu.

“Dapil Sumbar 1 punya ‘duta besar’ di Jakarta, anggota DPR RI kebanggaan kita Andre Rosiade. Pak Andre bisa berkoordinasi dengan BUMN-BUMN karena berada di Komisi VI untuk menyelesaikan masalah-masalah di Sawahlunto ini,” kata Sandiaga Uno, Kamis (22/04/2021) malam saat berkunjung bersama Andre Rosiade ke Sawahlunto dan disambut Wali Kota Sawahlunto Deri Asta.

Sandiaga Uno meminta Andre Rosiade agar meminta dukungan penuh PT Bukit Asam (PT BA) dalam pengelolaan pariwisata Sawahlunto. Bahkan, sejumlah proposal sudah langsung disampaikan oleh Wako Deri Asta untuk dikoordinasikan dan disinergikan di Jakarta.

“Saya titip langsung dengan Pak Andre Rosiade untuk Kementerian BUMN, karena beliau di Komisi VI. Tentunya Agar PT BA mendukung secara penuh Kota Sawahlunto bertransformasi dari kota tambang menjadi kota pariwisata sejarah dan budaya,” kata Sandiaga diamini langsung oleh Andre Rosiade yang berdiri di sebelahnya.

Meski berkunjung tak lama, Sandi sudah memiliki catatan khusus untuk pariwisata di Sawahlunto. “Catatan yang kami buat, sejumlah ruas jalan yang masih sempit dan banyak berlubang. Mungkin menyulitkan mobilisasi masyarakat ke sini. Apalagi nanti setelah pandemic Covid-19 ini selesai,” kata mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Khusus untuk jalan, kata Sandi, Wali Kota diminta bersinergi dengan Andre Rosiade yang dalam waktu dekat akan memboyong sejumlah Bupati dan Wali Kota se-Sumbar bertemu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimulyono. “Mohon disinergikan pak Andre dengan Kementerian PUPR. Pak Wali Kota juga bisa ikut dalam koordinasi dan meminta penekanan khusus untuk jalan di sini,” katanya.

Selain itu, sebut Sandi, dia juga masih belum mendapatkan jaringan seluler yang maksimal di kota itu. “Untuk jaringan seluler di luar kota masih susah dan akan saya kasih masukan ke Kemenkominfo untuk membantu. Apalagi banyak spot-spot yang instagramable yang bisa dibuat konten-konten menarik,” kata Sandi yang mengunjungi Museum Goedang Ransoem, Info Box dan Lubang Tambang Mbah Soero.

Sandi memastikan, Kemenarekraf siap berperan aktif mendukung peningkatan pembangunan dan pengelolaan pariwisata Kota Sawahlunto. Bakal direalisasikan melalui dana alokasi khusus (DAK), mendukung scale up pada iven-iven, peningkatan sumber daya manusia (SDM) pengelola pariwisata, sampai strategi khusus dalam menjangkau wisatawan mancanegara untuk wisata kota tuaatau heritage.
Wako Sawahlunto Deri Asta menyatakan kunjungan Menparekraf Sandiaga sangat berarti bagi Sawahlunto. Ini menjadi momen strategis peningkatan sinergi Pemko Sawahlunto dengan Kemenparekraf.

“Terima kasih Menparekraf, terima kasih pak Andre Rosiade. Kita memang butuh pak Sandi datang ke Sawahlunto agar melihat dan merasakan langsung seperti apa Sawahlunto itu. Sehingga pak Sandi mengetahui langsung kebijakan dan program seperti apa yang sesuai untuk membantu pariwisata Sawahlunto,” kata Deri.

Andre Rosiade yang merupakan sumando atau menantu keluarga Sawahlunto – tepatnya di Silungkang mengaku siap membantu percepatan pembangunan wisata di Sawahlunto. “Pak Menteri memberikan beberapa amanah dan kami sebagai wakil rakyat dari Dapil 1 Sumbar siap menjalankannya,” kata Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar ini.

Pertama, kata Andre tentu dukungan dari BUMN PTBA yang memiliki lahan sangat luas di Sawahlunto dan akan dialihkan atau difungsikan oleh Pemko Sawahlunto. Untuk hal ini sudah dibicarakan dan dimasukkan surat-suratnya langsung ke Menteri BUMN Erick Thohir. “Soal jalan ini akan kita bicarakan pekan depan dengan Menteri PUPR dan pak Wako Deri Asta juga harus ikut,” kata anggota dewan Pembina Gerindra ini. (HP-001l