Bupati Tanah Datar Minta Sandiaga dan Andre Perjuangkan DAK untuk Pariwisata

HALOPADANG.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dan Anggota DPR RI asal Sumbar Andre Rosiade diminta Bupati Tanahdatar Eka Putra memperjuangkan dana alokasi khusus (DAK) untuk membangun pariwisata di luak nan tuo itu. Keduanya dianggap orang yang punya pengaruh dan bisa membantu meningkatkan kualitas pariwisata Tanahdatar.

“Kami ucapkan selamat datang Pak Menteri Sandiaga uno dan ‘duta besar’ kami di Jakarta Andre Rosiade dan Wakil Gubernur milenial Sumbar Audy Joinaldy. Semgoa, kedatangan pak Menteri dan pak Andre bisa membantu kami mendapatkan DAK untuk pembangunan pariwisata,” kata Bupati Eka Putra saat presentasi Idi stano Basa Pagaruyung, Tanahdatar Kamis (22/4).

Menurut Eka, sebelumnya Tanahdatar sebelumnya sudah mendapat bantuan pengembangan Istano Basa Pagaruyung berupa pembangunan lokasi parkir dan kios-kios cendera mata untuk UMKM. Saat ini kondisinya sudah 70 persen. Selanjutjya, juga akan dibangun rumah-rumah adat mewakili Kabupaten/Kota di Sumbar yang nantinya berfungsi sebagai homestay.

Baca Juga :  Meletus, Gunung Marapi Semburkan Abu Setingggi 1.500 Meter di Atas Puncak

Eka Putra yang menjelaskan sejarah Istano Basa Pagaruyung menyatakan, kebutuhan pembangunan wisata di Tanahdatar total untuk berbagai objek Rp70 miliar. Sementara, tahun 2021 ini, pusat baru mengalokasikan Rp7 miliar untuk Istano Basa saja. “Masih banyak objek wisata kita yang harus ditingkatkan seperti Puncak Pato dan lainnya. Sebagai Kabupaten Kreatif di bidang seni pertunjukan 2019, kami akan terus mengadakan festival. Mohon dukungan pak Menteri,” kata Eka Putra yang mengakui terjadi 45 persen penurunan kunjungan pariwisata karena pandemi.

Menteri Sandi siap membantu Tanahdatar mendapatkan DAK yang lebih banyak tahun depan. “Kami siap membantu pak Bupati. Apalagi ada duta besar luar biasa berkuasa penuh Andre Rosiade. Kami akan mengupayakan banyak program dan iven, dengan tetap meminta semua pihak bekerja keras jangan sampai pariwisata dan ekonomi kreatif dituduh sebagai pemicu Covid-19. Kami sudah punya data, kalau patuhi Prokes, maka tidak akan ada penyebaran Covid-19,” katanya.

Baca Juga :  Resmikan Penggunaan 2 BTS di Tanjuang Labuah, Andre Rosiade Targetkan Blankspot di Sijunjung Tuntas

Kehadiran Sandiaga di Sumbar disebutnya sangt konkret membantu pembangunan pariwisata. “Secara konkret kami akan langsung mengesekusi DAK untuk tahun ini. Sesuai yang disampaikan kami siapkan dan kami hadiahkan juga satu iven berskala nasioal yang sudah masuk dalam kharisma Iven Nusantara yaitu iven Festival Pesona Minangkabau yang akan dilaksanakan di bulan Juli,” kata mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini.

Khusus Istano Pagaruyung, Sandi menyebut, merupakan destinasi yang memiliki kekuatan yang ikonik dan menjadi penarik utama kunjungan ke Sumbar. “Saya berbahagia kembali ke sini kesekian kalinya. Menemukan kearifan lokal, melestarikan konsep pariwisata baru yaitu nature and culture (berbasis sumber daya alam dan kebudayaan). Ini juga yang kita dorong arah baru pariwisata kita dengan konsep berkualitas dan keberlanjutan,” ungkapnya.

Baca Juga :  Kanwil Kemenkumham Sumbar Diganti, Termasuk Kadiv Pemasyarakatannya

Andre Rosiade menyebutkan, dia telah membawa Bupati dan Wali Kota di Sumbar bertemu Menparekraf Sandiaga Uno. Wakil Bupati Tanahdatar Richi Aprian juga langsung hadir dan bertemu Sandi. “Kami mengadakan pertemuan pekan lalu dan hari ini Bang Sandi sudah sampai di lokasi ini. Kita siap membantu pak Bupati Tanahdatar ‘manjuluak’ DAK yang lebih banyak untuk pariwisata Tanahdatar,” kata ketua Gerindra Sumbar ini. (*)