Pembangunan Sumbar Mendapat Dukungan Pusat

HALOPADANG.ID – Program kerja 100 hari kerja Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Buya Mahyeldi dan Audy Joinaldy, terus melakukan koordinasi dengan kabupaten kota serta pemerintahan pusat. Beberapa upaya lobi mulai menampakkan hasil positif. Beberapa usulan pembangunan di Sumbar mulai mendapat perhatian.

Di antaranya pembangunan Monumen Bela Negara di Kabupaten 50 Kota, Sumatera Barat. Menurut Gubernur Sumbar, Buya Mahyeldi, pembangunan monumen bersejarah itu akan segera terealisasi setelah sebelumnya Gubernur melakukan konsultasi dan koordinasi ke Kementerian Polhukam.

Menurut Buya, berdasarkan informasi terbaru, monumen bela negara akan dikerjakan atas kolaborasi enam kementerian dengan Intruksi Presiden (Inpres).

“Terkait Monumen bela negara ini, dibawah koordinasi Kementerian Polhukam akan menghadirkan Inpres. Jadi monumen bela negara yang anggarannya sekitar Rp. 600 Miliar akan ditangani oleh enam kementerian. Insyaallah Inpres ini bisa segera ditandatangani oleh presiden,” ungkap Buya Mahyeldi, Senin (19/4/2021) di Jakarta.

Baca Juga :  Andre Rosiade Resmikan Penggunaan BTS di Kamang Bakti Sijunjung

Ditambahkan Buya Mahyeldi, tidak hanya sebatas pembangunan monumen, keenam kementerian juga akan membangun akses dari Suliki ke Bonjol Pasaman, lalu akses dari Gunuang Omeh ke Palupuah, termasuk akses ke Provinsi tetangga, Provinsi Riau.

Selain itu, proyek pembangunan lainnya yang juga mendapat dukungan adalah kelanjutan pembangunan jalan tol Padang – Pekanbaru.

“Kita sudah berkoordinasi dengan Kementerian Bappenas, Kementerian PUPR, Kementerian Keuangan dan juga bupati walikota. Alhamdulillaah tanggal 25 Maret lalu kita menerima informasi bahwa jalan tol akan dilanjutkan dengan pembangunan terowongan yang ada di 50 Kota. Ada 3 titik, dengan panjangnya 10 kilometer dengan anggaran Rp.6 Triliun dan dari Bappenas sudah ada ‘green light’,” ujar Buya Mahyeldi.

Baca Juga :  Kanwil Kemenkumham Sumbar Diganti, Termasuk Kadiv Pemasyarakatannya

Tidak lupa Buya Mahyeldi meminta dukungan kepada anggota DPR RI dan DPD RI dari daerah pemilihan Sumbar untuk kelancaran pembangunan dan optimalisasi potensi di Sumbar.

Menanggapi hal ini, Andre Rosiade, anggota DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra asal Sumbar mengatakan, 14 anggota DPR RI dan 4 anggota DPD RI asal Dapil Sumbar siap bekerjasama, berkolaborasi dengan pemerintah Provinsi Sumbar maupun pemerintah kabupaten dan kota.

“Jadi Pak Gubernur tidak usah ragu kepada kami anggota DPR RI, terutama kami sebagai ketua partai terbesar di Sumatera Barat saat ini, kita akan siap mendukung pembangunan yang diusung oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Kompetisi Sudah Selesai dan saatnya kita bersatu membangun Indonesia dan juga Sumbar,” ujar Rosiade. (HP-001)

Baca Juga :  Resmikan Penggunaan 2 BTS di Tanjuang Labuah, Andre Rosiade Targetkan Blankspot di Sijunjung Tuntas