Menteri Agama Bereaksi Atas Video Jozeph Paul Zhang Yang Sebut Dirinya Nabi

HALOPADANG.ID — Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas meminta Jozeph Paul Zhang ditindak menyusul tayangan youtubenya yang diduga menista agama dan Nabi Muhammad SAW. Gus Yaqut menyesalkan sikap intoleran dari Jozeph Paul Zhang.

“Sikap intoleran memang tidak melihat agamanya apa. Tidak menjadi monopoli satu agama saja,” ucapnya.

Seperti diketahui, seorang pria bernama Jozeph Paul Zhang mendadak viral di media sosial karena diduga menista agama dan Nabi Muhammad SAW. Dia membuat sayembara, menantang warga untuk melaporkannya ke polisi karena mengaku sebagai nabi ke-26.

“Saya berharap ada penegakan hukum segera atas intoleransi, yang sudah mengarah ke penistaan ini,” kata Gus Yaqut, sapaan akrabnya kepada wartawan di Jakarta.

Baca Juga :  Nobar Saat Timnas Kalahkan Vietnam, Presiden Jokowi Bersuka Cita Bersama Menteri dan Staf

Jozeph sendiri sudah dilaporkan ke Bareskrim Polri oleh Husin Shahab, kemarin. Laporan itu teregister LP/B/0253/IV/2021/BARESKRIM tertanggal 17 April 2021.

Berada di Hong Kong, Tapi Tetap Diburu

Menurut Kapolri, Jozeph Paul Zhang tengah diburu polisi. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengaku pihaknya menyelidiki persoalan tersebut. “Sedang kami selidiki,” katanya.

Listyo Sigit mengatakan, menurut informasi Kantor Imigrasi Kelas I Soekarno-Hatta berdasarkan Travel Document No B6622531, Jozeph Paul Zhang tidak lagi berada di Indonesia. Dia tercatat meninggalkan Indonesia menuju Hong Kong sejak tanggal 11 Januari 2018.

Bareskrim Polri berkoordinasi dengan Interpol untuk memburu keberadaan Jozeph Paul Zhang. Dikutip Antara, Minggu (18/4/2021), Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto menegaskan keberadaan Jozeph Paul Zhang di luar negeri tidak menghalangi untuk mendalami perkara tersebut dan sedang menyiapkan dokumen penyidikan.

Baca Juga :  Nobar Saat Timnas Kalahkan Vietnam, Presiden Jokowi Bersuka Cita Bersama Menteri dan Staf

“Mekanisme penyidikannya akan terus berjalan walaupun yang bersangkutan di luar negeri,” kata Agus.

Sebelumnya, Seorang bernama Jozeph Paul Zhang dalam akun youtubenya mengaku sebagai nabi ke-26 setelah Nabi Muhammad. Penghinaan itu disampaikan Jozeph Paul Zhang dalam sebuah video Youtube miliknya. Adapun video tersebut berdurasi sangat panjang, yakni tiga jam lebih.

Tak hanya itu mengaku nabi ke 26, Jozeph Paul Zhang bahkan menghina Nabi Muhammad.

“Yang bisa laporin gua ke polisi, gua kasih uang lo. Yang bisa laporin gua penistaan agama, nih gua nih nabi ke-26, Josep Fauzan Zhang, meluruskan kesesatan ajaran nabi ke-25 dan ke*abu*annya yang maha c*bu*ulllah,”katanya. (HP-001)

 

Baca Juga :  Nobar Saat Timnas Kalahkan Vietnam, Presiden Jokowi Bersuka Cita Bersama Menteri dan Staf