Ini Daftar Sebagian Pemain Muslim yang Tetap Berpuasa di Liga Eropa

  • Bagikan
Ini Daftar Sebagian Pemain Muslim yang Tetap Berpuasa di Liga Eropa 1
Noussair Mazraoui (kiri) dan Hakim Ziyech tetap berpuasa saat bermain untuk Ajax. Mereka tertangkap berbuka puasa di pinggir lapangan saat masih dalam jam bertanding. IST

HALOPADANG.ID — Ibadah puasa tak serta merta membuat seluruh muslim yang beraktivitas tinggi meninggalkan puasa. Mereka bahkan tetap menjalankan ibadah puasa sesuai dengan rukun islam yang ketiga itu. Pesepakbola di Eropa contohnya. Para profesional ini tampaknya akan berpuasa 30 hari ke depan

Tidak sedikit para pemain sepak bola yang tetap menjalankan ibadah puasa meski harus bertanding di lapangan. Dilansir berbagai sumber, berikut sejumlah bintang yang tetap berpuasa selama Ramadan:

Noussair Mazraoui dan Hakim Ziyech (Ajax Amsterdam)
Mazraoui dan Ziyech tetap menjadi pilihan utama skuat inti Ajax meski sang pelatih, Erik ten Hag, mengetahui kedua pemain andalannya tengah menjalani puasa. Sport Bible melansir, kedua pemain tersebut harus menunggu selama 24 menit untuk berbuka di pinggir lapangan. Mazraoui dan Ziyech bergantian untuk minum dan mengonsumsi makanan ringan saat berbuka.

“Saya tetap berpuasa di pertandingan. Kami melakukannya pukul 21.00 dan kami bisa berbuka di 21.15. Kami akan ke pinggir untuk minum,” kata Mazraoi seperti dilansir The Sun.

Emre Chan (Borrusia Dortmund)
Pemain Borussia Dortmund itu mulai serius mempelajari agama Islam ketika menginjak usia 23 tahun. Pemain keturunan Turki tersebut dikabarkan memilih tetap berpuasa di tengah padatnya jadwal pertandingan.

Moh Salah dan Sadio Mane (Liverpool)
Siapa tak kenal Moh. Salah  striker asal Mesir ini. Selebrasi gol dengan bersujud menjadi salah satu indikasi dirinya adalah Muslim yang taat. Hal itu juga dibuktikan oleh konsistensi Salah dalam berpuasa selama bulan Ramadhan walaupun harus membela Liverpool di siang hari.

Rekan setim Mo Salah ini juga beragama muslim. Sadio Mane kerap mengikuti Mo Salah ketika melakukan selebrasi gol, dengan bersujud syukur seperti halnya para pemain Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri dahulu. Mane lahir di Sedhiou, Senegal, pada 10 April 1992.

Paul Pogba (Manchester United)
Gelandang termahal dunia yang memiliki banderol 89 juta paun juga beragama islam. Orang tua Paul Pogba berasal dari Republik Guinea, Afrika Barat. Pogba lahir di Lagny-sur-Marne, Prancis, 15 Maret 1993 dan merupakan pemain yang taat beribadah.

  • Bagikan