Ke Padang, Doni Munardo Kembali Ungkap Ancaman Megathrust Mentawai

  • Bagikan
Ke Padang, Doni Munardo Kembali Ungkap Ancaman Megathrust Mentawai
Ke Padang, Doni Munardo Kembali Ungkap Ancaman Megathrust Mentawai

HALOPADANG.ID — Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo meninjau proyek penanganan abrasi di Pantai Padang, Kamis (15/4/2021). Pada kesempatan itu, ia mengingatkan masyarakat Sumatra Barat (Sumbar) terkait ancaman gempa dan tsunami di zona megathrust Mentawai.

Didampingi Gubernur Mahyeldi, karena ancaman itu bisa datang setiap saat, ia meminta masyarakat untuk selalu siap siaga menghadapi kemungkinan bencana, terutama gempa.

“Zona megathrust Mentawai masih menyimpan potensi terjadinya gempa dan tsunami. Karenanya,mitigasi dan kesiap-siagaan dalam menghadapi bencana merupakan upaya terbaik untuk mengurangi risiko,”tutur jenderal TNI berbintang tiga itu.

Menurutnya, potensi itu lahir karena pertemuan subduksi di wilayah selatan atau sebelah barat dari Mentawai, ini masih menyimpan potensi. Energinya belum lepas. Di Nias sudah pernah lepas. Jadi, ia memprediksi, di antara Mentawai sampai dengan Enggano (Bengkulu), masih punya peluang

Ia mengajak warga Sumatera Barat, terutama yang bermukim dan beraktifitas di sekitar pantai selalu mempersiapkan diri dalam menghadapi potensi bencana yang terjadi. Masyarakat harus terbiasa dengan upaya mitigasi dan pengurangan risiko bencana dan harus selalu diingatkan.

“Jangan panik, Gempa dan tsunami itu pasti terjadi, Tetapi kapannya tidak bisa yang ada menentukan waktunya dengan tepat. Tapi tetaplah waspada,”kata alumni SMA 1 Padang itu. (HP-002)

  • Bagikan