Wali Kota Sudah Dilantik, Ini Tahapan Pemilihan Wakil Wali Kota Padang

  • Bagikan
Wali Kota Sudah Dilantik, Ini Tahapan Pemilihan Wakil Wali Kota Padang 1

HALOPADANG.ID – Sepekan setelah Hendri Septa dilantik sebagai Wali Kota Padang definitif, upaya-upaya untuk mengisi pos Wakil Wali Kota terus bergulir. PKS dan PAN yang punya kanal untuk mencalonkan pos BA 2 A tersebut ke DPRD Padang untuk dipilih dan ditetapkan. Apakah sudah ada nama-nama yang masuk ? Ternyata belum.

Wakil Ketua DPRD Padang Ilham Maulana mengakui hal itu. “Belum ada (masuk), kata politisi Partai Demokrat itu.

Lalu, apa langkah dan upaya yang harus dilakukan untuk bisa mendampingi Hendri Septa?

1. Pembahasan di tingkat partai pengusung, dalam hal ini PAN dan PKS. Mereka nantinya mengirimkan nama calon hasil keputusan masing-masing partai ke pimpinan DPRD Kota Padang

2. DPRD Padang melalui rapat fraksi yang ada di lembaga itu, membahas nama yang masuk itu guna dipilih mana yang layak menjadi Wawako Padang.

3. Setelah pembahasan, nama calon yang diberikan ke pimpinan DPRD Padang yang diiringi dengan upaya lobi.

4. Satu nama muncul dan dikonsultasikan kepada KPU, penetapan oleh Mendagri dan dilantik di DPRD Padang

Sebelumnya, sejumlah pihak yang berkompeten dari PAN yang ditemui awak media di sela pelantikan Hendri Septa, Rabu (7/4/2021) masih menjawab bijak soal upaya PAN pada penetapan Wakil Wali Kota pengganti Hendri Septa. Salah satunya Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan.

Zulhas yang juga hadir pada pelantikan Hendri Septa itu mengaku tetap akan mempertimbangkan hal ini bersama koalisinya pada Pilwako Padang 2018 silam, PKS.

“Setelah pelantikan ini akan dibahas (posisi wakil wali kota) bersama PKS. Hari ini kan baru pelantikan wali kota,”kata Zulhas seraya berharap Hendri Septa bisa bekerja maksimal dalam bertugas.

Senada dengan sang Ketum, Hendri Septa yang juga Ketua DPC PAN Kota Padang juga menyampaikan jawaban diplomatis. Ia mengaku belum tahu siapa calon-calon yang akan diajukan untuk mendampinginya. Ia menyerahkan semua keputusan dan upaya itu kepada DPP PAN.

“Allah saja yang tahu, mekanismenya diserahkan kepada partai pengusung,” katanya diplomatis.

  • Bagikan