Catat, Ini Besaran Zakat Fitrah Sesuai Beras yang Dimakan

  • Bagikan
Catat, Ini Besaran Zakat Fitrah Sesuai Beras yang Dimakan 1

HALOPADANG.ID — Menunaikan zakat fitrah menjadi salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh umat Islam di bulan Ramadhan. Setiap orang muslim wajib membayar zakat fitrah yang sudah ditentukan sesuai dengan syariat Islam.

Zakat fitrah wajib dikeluarkan setahun sekali saat awal bulan Ramadhan hingga batas sebelum dilakukannya salat Idul Fitri. Meski begitu, zakat fitrah bersifat wajib bagi golongan tertentu. Sederhananya, orang yang wajib membayar zakat fitrah merupakan golongan yang mampu mencukupi kehidupannya.

Pihak Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Padang sendiri udah menetapkan besaran zakat fitrah yang harus dibayarkan ummat Islam jelang 1 Syawal 1422 H nanti.

Besaran zakat fitrah tertinggi itu Rp 40 ribu dengan kualitas beras Solok atau Sokan, lalu Beras anak daro dari Rp35 ribu, lalu beras IR42 Rp32.500 dan beras Dolog Rp 27.500. Dan besaran fidiyah setiap.hati Rp 20.000. Keputusan Baznas ditandatangani Ketua Baznas Kota Padang Epi Santoso pada 6 April 2021 silam.

Dalam hal ini digolongkannya orang yang wajib membayar zakat fitrah dan yang tidak bertujuan untuk tidak memberatkan golongan yang tidak mampu dan agar mereka mendapatkan hak yang semestinya. Pada dasarnya, orang yang wajib membayar zakat fitrah adalah golongan orang yang mampu dalam mencukupi kehidupannya. (HP-001)

 

 

  • Bagikan