Guspardi: Jangan Salah Menafsirkan Pancasila

  • Bagikan
Guspardi: Jangan Salah Menafsirkan Pancasila 1

HALOPADANG.ID – Anggota DPR RI/MPR RI Guspardi Gaus asal fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) meminta masyarakat agar tidak salah dalam menafsirkan pancasila. Pemahamannya harus sama dengan yang dicita-citakan oleh founding father negara ini.

Harapan itu disampaikan Guspardi Gaus saat melakukan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yaitu Pancasila, Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhineka Tunggal Ika dan Ketetapan MPR kepada kalangan wartawan yang tergabung di Jaringan Pemimpin Redaksi (JPS) Sumbar dan puluhan wartawan yang sehari- hari meliput di kawasan Sumatera Barat. Acaea berlangsung di Auditorium Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Jumat, 9 April 2020.

Drs. H. Guspardi Gaus M. Si mengatakan, rekan- rekan wartawan merupakan garda terdepan paling efektif mensosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan, karena dapat menyentuh seluruh lapisan masyarakat.

“Saya sengaja mengundang rekan- rekan Jaringan Pemimpin Redaksi (JPS) Sumbar serta wartawan lainnya, selain silaturrahmi dalam memasuki bulan suci Ramadhan juga sekaligus sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan melalui Chandra,” ujar Guspardi Gaus yang mengaku lahir dan berkembang maju dari dunia wartawan, karena pernah melahirkan koran kampus sewaktu aktif menjadi mahasiswa dulu Majalah Ijitihaj.

Menurut Guspardi Gaus, pihaknya mendorong, agar para wartawan mengingatkan pengambil kebijakan atau memberikan kontrol sosial kepada seluruh lapisan masyarakat, karena sesuai salah satu fungsi wartawan dapat memberikan masukan dan kontrol kepada seluruh lapisan.

“Kita mengajak masyarakat Indonesia berjumlah lebih kurang 250 kuta ini, agar tidak salah dalam pemahaman Pancasila jangan salah tafsir, bagaimana pancasila dapat dilaksanakan sesuai cita-cita founding fathers kita,” ujar Guspardi Gaus

Lanjut Guspardi Gaus yang anggota komisi II DPR RI, Bhinneka tunggal ika merupakan khazanah berbangsa Indonesia, karena merupakan sunatullah, maka untuk keberagaman dan kesatuan dan persatuan harus diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kita mengajak rekan- rekan wartawan dapat memberikan wawasan kepada masyarakat serta Kolaraborasi untuk kemajuan Indonesia,” ujar Gusparsi Gaus merupakan Anggota Pansus Otsus Papua. (HP-002)

  • Bagikan