Wali Kota Sudah Dilantik, PAN Bicara Soal Wakil Wali Kota Padang

  • Bagikan
Wali Kota Sudah Dilantik, PAN Bicara Soal Wakil Wali Kota Padang 1

HALOPADANG.ID — Gubernur Sumbar Mahyeldi telah melantik Wali Kota Padang Hendri Septa, Rabu (7/4/2021). Bersamanya, juga dilantik Pj Bupati Solok Heri Noviardi di tempat yang sama, yakni di Auditorium Istana Gubernur.

Hendri Septa yang sebelumnya Wakil Wali Kota menjadi Wali Kota setelah kursi tersebut lowong ditinggal Mahyeldi yang terpilih sebagai Gubernur pada Pilkada 2020 lalu bersama Audy Joinaldy yang jadi Wakil Gubernur. Lalu, siapa yang akan mengisi pos BA 2 A sepeninggal alumni SMA 2 Padang ini ?

Sejumlah pihak yang berkompeten dari PAN yang ditemui awak media di sela pelantikan tersebut masih menjawab bijak. Salah satunya Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan.

Zulhas yang juga hadir pada pelantikan Hendri Septa itu mengaku tetap akan mempertimbangkan hal ini bersama koalisinya pada Pilwako Padang 2018 silam, PKS.

“Setelah pelantikan ini akan dibahas (posisi wakil wali kota) bersama PKS. Hari ini kan baru pelantikan wali kota,”kata Zulhas seraya berharap Hendri Septa bisa bekerja maksimal dalam bertugas.

Senada dengan sang Ketum, Hendri Septa yang juga Ketua DPC PAN Kota Padang juga menyampaikan jawaban diplomatis. Ia mengaku belum tahu siapa calon-calon yang akan diajukan untuk mendampinginya. Ia menyerahkan semua keputusan dan upaya itu kepada DPP PAN.

“Allah saja yang tahu, mekanismenya diserahkan kepada partai pengusung,” katanya diplomatis.

Hendri mengaku ia lebih cenderung menanti mekanisme dari koalisi partai yang mengusung mereka pada Pilwako 2018 lalu dalam penentuan calon wakil wali kota penggantinya.

Siap Maju
Menariknya, saat dua ketua bertutur diplomatis, salah satu politisi PAN yang digadang-gadang bakal masuk bursa Cawawako Padang, Amril Amin lebih blak-blakan.

Menurut pria yang kini jadi Wakil Ketua DPRD Padang ini siap menjabat sebagai Wakil Wali Kota Padang jika memang ditugaskan partai. Aciak Amin, sapaan akrab Amril Amin juga tampak dalam prosesi pelantikan Hendri Septa dan dicegat wartawan untuk ditanyai komentarnya soal proses ini.

Hanya saja, ia memastikan belum ada pembahasan di internal di DPD PAN Kota Padang sendiri soal pos yang ditinggal Hendri Septa.

  • Bagikan