Mendag: Revitalisasi Fase VII Pasar Raya Padang Aspirasi Andre Rosiade

HALOPADANG.ID — Menteri Perdagangan (Mendag) RI Muhammad Lutfi menyebutkan, rencana revitalisasi atau pembangunan kembali Pasar Fase VII Pasar Raya Padang adalah permintaan Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade .

Oleh karena itu, kedatangannya ke Kota Padang bersama Andre Rosiade , adalah untuk melihat langsung bagaimana kondisi Pasar Fase VII Pasar Raya Padang saat ini.

“Saya datang ke sini atas permintaan dan undangan Andre Rosiade , Anggota DPR asal Sumbar. Saya ke pasar ini untuk melihatbkeluhan pedagang,”kata Mendag Lutfi saat kunjungannya ke Pasar Raya padang, Selasa (6/4/2021)

Dalam kunjungan ke Pasar Raya Padang itu, turuy hadir mendampingi Mendag Lutfi, yaitu Plt Walikota Padang Hendri Septa, Kepala Dinas Perdagangan Padang Andree Algamar dan sejumlah tokoh Pasar Raya Padang .

Mendag yang melihat langsung kondisi Fase VII mengaku prihatin dengan pasar yang berantakan, kumuh dan sudah hancur dimana-mana itu. “Saya tadi baru meninjau pasar di Kota Pariaman, yang indah yang bagus,” ujarnya.

Baca Juga :  Dishub Kota Padang Sisir dan Bersihkan Terminal Bayangan di Lubuk Begalung

“Setelah dari Kota Pariaman, saya ke Padang untuk melihat Pasar Raya Padang yang membuat saya kecewa melihat kondisinya,” sambung Mendag yang sebelumnya mendampingi Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin meresmikan penggunaan Pasar Pariaman.

Mendag bertekad akan segera memperbaiki Fase VII pada anggaran tahun 2022. “Saya akan kembali ke Jakarta bersama Pak Andre Rosiade . Dan janjian dengan Andre Rosiade untuk kembali dan berkomitmen untuk membereskan Pasar Fase VII Pasar Raya Padang ,” ungkapnya.

“Mudah-mudahan bisa memperbaiki kegiatan ekonomi Kota Padang dan ekonomi Sumbar. Juga membereskan pusat bisnis apa yang dikelola oleh Muhammadiyah ini,” imbuh Mendag.

Setelah lebaran Idul Fitri atau akhir Mei nanti, Mendag menyebut bahwa dirinya bersama Andre Rosiade dan pihak terkait lainnya, akan kembali lagi memastikan pembangunan pasar yang memiliki 288 pedagang terdaftar itu, termasuk akan mengakomodir juga sejumlah pedagang di sekitar yang disebutnya bisa “naik kelas.”

Baca Juga :  Dishub Kota Padang Sisir dan Bersihkan Terminal Bayangan di Lubuk Begalung

“Soal dana, tentunya disesuaikan dengan kebutuhan pembangunan. Ada 288 pedagang Fase VII juga tambahan pedagang di sekitar. Harus dipikirkan menjadi lebih baik. Saya sama Pak Andre Rosiade akan membantu administrasi dari pusatnya dan Walikota Padang membereskan aturan pasarnya,” katanya.

Pedagang sebagai stakeholder di pasar ini, juga harus mendukung. Tidak bisa pemerintah pusat saja, Walikota atau DPR RI saja. “Ini kolaborasi semua pihak,” ungkap Mendag sembari menyampaikan ucapan berterima kasih kepada Andre Rosiade yang dengan budi baiknya bisa berjuang untuk membenahi pasar.

“Kami berkomitmen insya Allah akan memperbaiki pasar Fase VII ini. Karena kami tidak ingin membangun pasar tapi merusak tatanan pedagang yang telah ada,” katanya usai dialog dengan Kesatuan Pedagang Pasar (KPP) Padang yang dipimpin Ketua Asril Manan dan Sektetaris Irwan Sofyan.

Baca Juga :  Dishub Kota Padang Sisir dan Bersihkan Terminal Bayangan di Lubuk Begalung

Irwan Sofyan pada kesempatan itu, menyampaikan terima kasih kepada Andre Rosiade yang telah membawa Mendag M Lutfi ke Pasar Raya Padang . “Ini kerja nyata dan kongkret yang bisa mengubah pasar ini kembali sebagai sumber kehidupan di Kota Padang ini. Terima kasih atas kepedulian para pemimpin, baik di DPR, Pemko dan pusat,” katanya.

Plt Walikota Padang Hendri Septa memastikan akan segera menyiapkan DED (detail engineering design) Pasar Fase VII. “Kami sangat berterima kasih kepada pak Andre Rosiade dan Mendag yang telah membantu pembangunan kembali pasar ini,” kata Hendri Septa  (HP-002)