Wah… Iriana Joko Widodo Tampak Anggun Kenakan Tenun Balai Panjang Payakumbuh

HALOPADANG.ID – Ada pemandangan menarik pada pelaksanaan syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) ke-41. Menariknya, selain dilaksanakan secara daring, pada gelaran yang berlangsung Rabu (3/3/2021) itu, tampak First Lady Indonesia, Iriana Joko Widodo mengenakan Tenun Balai Panjang Kota Payakumbuh.

Tentunya, apa yang dikenakan oleh seorang ibu negara bakal menarik perhatian seantero negeri. Sebagai catatan, pakaian yang digunakan Iriana itu merupakan busana karya seorang desainer papan atas Indonesia, Tuty Adib.

Pada kegiatan itu, Iriana mengajak perajin dan pelaku usaha untuk melakukan transformasi digital. Mengangkat tema Perajin Sehat, Perajin Hebat, Indonesia Maju, ia mengajak pengrajin untuk aktif bertransaksi online yang memang tengah tumbuh signifikan.

Baca Juga :  Nobar Saat Timnas Kalahkan Vietnam, Presiden Jokowi Bersuka Cita Bersama Menteri dan Staf

“Produk kerajinan nusantara harus bisa menjadi tuan rumah di negara sendiri tentunya dengan produk berkualitas dan kompetitif,”ajaknya seperti yang tertuang dalam rilis Pemko Payakumbuh.

Di sisi lain, dengan terpromosikannya tenun asal Payakumbuh ini menimbulkan rasa bangga Payakumbuh.Ketua Dekranasda Kota Payakumbuh , Henny Riza Falepi berharap Tenun Balai Panjang berjaya. Harapannya, kata Henny, tenun Balai Panjang dan produk kerajinan Payakumbuh lain diminati dan menjangkau pasar luas, baik nasional maupun internasional. (HP-002)