HUT TNI AU di Padang, Kasau: Bergerak Cepat Bantu Masyarakat

tni au
tni au

HALOPADANG.ID — TNI AU memperingati hari jadinya ke-74 dengan sederhana dan penuh makna. Di tengah pandemi Covid-19 sebuah upacara kecil diadakan untuk mengisi HUT TNI AU ke-74 di Lanud Sutan Sjahrir Padang.

“Berbanggalah dan busungkan-lah dada kalian. Kita memiliki banyak cerita besar dan pejuang hebat di masa lalu, maka sudah sepantasnya kita mengenang dan menghormatinya pada hari ini,” ungkap Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI, Yuyu Sutisna, dalam sambutannya pada upacara HUT ke-74 TNI Angkatan Udara yang dibacakan oleh Komandan Lanud (Danlanud) Sutan Sjahrir Kolonel Nav Medi Rachman, S.E. MBA Avi Mgt, MMOASc, PhD., bertempat di Gedung Olahraga Lanud Sutan Sjahrir yang diikuti oleh perwakilan Perwira, Bintara, Tamtama serta Pegawai Negeri Sipil Lanud Sutan Sjahrir, Kamis (9/4).

Kasau juga mengajak semua personel TNI AU untuk menghaturkan rasa hormat dan terima kasih kepada seluruh sesepuh, pelopor, dan pahlawan TNI Angkatan Udara. “Merekalah pemantik api semangat ‘Swa Bhuwana Paksa’ hingga terus menyala abadi hingga kini,” katanya dalam HUT TNI AU ke-74 yang menangkat tema “Kobarkan Semangat Swa Bhuwana Paksa untuk Membangun Indonesia Maju dan TNI Angkatan Udara unggul’.

Untuk itu, katanya, seluruh prajurit udara harus menjaga nyala semangat ‘Swa Bhuwana Paksa’, agar pembangunan kekuatan udara unggul, dapat berjalan beriringan dengan pembangunan bangsa.

Pencapaian paling membanggakan, lanjut Kasau, adalah zero accident yang dipertahankan selama tiga tahun berturut-turut. Kondisi ini adalah bukti, bukan hanya kualitas safety culture yang tinggi, namun juga manajemen organisasi yang semakin modern dan tertib.

Baca Juga :  Dishub Kota Padang Sisir dan Bersihkan Terminal Bayangan di Lubuk Begalung

Prestasi ini juga merupakan hasil dari keunggulan leadership para perwira senior yang selalu hands on dalam setiap masalah satuan, serta para prajurit profesional yang bekerja militan dan inovatif.

“Kebanggaan saya semakin membumbung tinggi, karena zero accident ini diraih ketika kuantitas dan kualitas operasi dan latihan terus bertambah,” ujarnya.

Ia juga mengapresiasi kinerja bidang operasi udara. Operasi angkutan udara oleh pesawat transport dan helikopter begitu masif dilaksanakan, serta berkontribusi besar pada berbagai peristiwa bencana alam dan non-alam di Indonesia.

Mulai dari gempa di Lombok yang disusul gempa dan tsunami di Palu tahun 2019, kebakaran hutan dan lahan di Sumatera yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir, bencana banjir, hingga penanganan pandemi Covid-19. Saat semua bencana itu terjadi, maka Alutsista TNI Angkatan Udara bergerak tercepat dan terdepan untuk membantu rakyat.

Baca Juga :  Dishub Kota Padang Sisir dan Bersihkan Terminal Bayangan di Lubuk Begalung

“Berbagai kemajuan membanggakan juga diraih dalam bidang latihan. Untuk pertama kalinya, kita dapat melaksanakan latihan pertempuran udara secara masif, dengan melibatkan lebih dari 60 pesawat udara serta menggunakan skema dua pihak dikendalikan. Kita telah mampu melaksanakan pengendalian multi- platform dalam desain Large Force Employment pada latihan puncak TNI Angkatan Udara dan latihan gabungan TNI. Hal ini tentunya dapat terwujud karena profesionalisme satuan yang semakin baik,” katanya. (R-01)