Rakor TdS 2021, Jambi Antusias Masuk Jalur Balapan

HALOPADANG.ID – Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) mulai membahas hal teknis terkait pelaksanaan Tour de Singkarak (TdS) 2021, Kamis (18/2/2021). Pertemuan ini juga dihadiri perwakilan dari Pemprov Jambi, Pemkab Kerinci dan Pemko Sungai Penuh yang juga akan ambil bagian dalam iven ini. Sementara dari untuk kepolisian di Jambi ambil bagian melalui aplikasi zoom meeting

Kadispar Prov. Sumbar Novrial menjelaskan beberapa poin kenapa TdS 2021 tetap harus dilaksanakan meskipun pandemi belum berakhir. Menurutnya, TdS yang telah 11 kali dilaksanakan merupakan Branding Position pariwisata Sumbar – Jambi yang valuenya masih sangat kuat. Alasan kedua, TdS 2021 ini adalah sebagai jembatan untuk pelaksana an TdS 2022 yang sedang diupayakan pelaksanaannya oleh pihak swasta, lepas dari APBD.

“Pelaksanaan TdS 2021 ini juga sebagai ajang pembuktian bahwa kita mampu melaksanakan Event Sport Tourism berkelas Internasional dengan perlakuan khusus dan protokol kesehatan yang amat ketat,”ujar Novrial.

Novrial juga menuturkan semangat untuk melaksanakan TdS 2021 ini juga bertambah, setelah mendapat informasi dari Tim Tehnis ISSI bahwa etape pelaksanaan tidak harus sebanyak TdS sebelumnya,

Federasi Balap Sepeda Internasional UCI mengizinkan minimal 2 Etape dilaksanakan. Sementara itu Ketua Umum Pengprov ISSI Prof. James Hellyward yang juga dikenal sebagai salah satu inisiator pelaksanaan TdS pertama kali pada tahun 2009 menyampaikan bahwa TdS telah menjadi salah satu ikon Balap Sepeda bukan saja di tingkat Nasional, namun sudah di level Asia.

Baca Juga :  Nobar Saat Timnas Kalahkan Vietnam, Presiden Jokowi Bersuka Cita Bersama Menteri dan Staf

Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Jambi Muktamar Hamdi memberikan sambutan mewakili Provinsi Jambi menuturkan banyak sekali manfaat yang telah didapat oleh Jambi terutama bagi Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh sebagai peserta TdS.

“Kami merasakan sekali dampak positif atas keikutsertaan Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh pada Tour de Singkarak 2019. Diantaranya adalah saat ini telah terbangun Hotel berbintang 3 di Kerinci. Ruas jalan Nasional, Provinsi dan Kabupaten/Kota juga teraspal mulus. Melihat manfaat TdS ini dua Kabupaten lagi di Provinsi Jambi yaitu Kabupaten Merangin dan Kabupaten Muara Jambi sudah mengutarakan keinginan kuatnya untuk ikut serta jadi tuan rumah etaoe pada TdS 2021,” Ujar Muktamar bersemangat.

Baca Juga :  Nobar Saat Timnas Kalahkan Vietnam, Presiden Jokowi Bersuka Cita Bersama Menteri dan Staf

Sebagai informasi, TdS 2021 akan diselenggarakan di enam Kabupaten dan Kota yang tersebar di Provinsi Sumatera Barat dan Jambi, yaitu Kota Padang, Kab. Limapuluh Kota, Kab. Solok, Kab. Dharmasraya, Kab. Kerinci dan Kota Sungai Penuh. “Meskipun berkurang secara kuantitas, namun pihak penyelenggara menjamin bahwa TdS 2021 akan meningkat secara kualitas,” ujar Novrial beberapa waktu silam. (HP-002)