Selain Terjunkan Brimob, Polda Sumbar Kirim juga Penyidik Propam ke Solok Selatan

  • Bagikan
Selain Terjunkan Brimob, Polda Sumbar Kirim juga Penyidik Propam ke Solok Selatan 1

HALOPADANG.ID — Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Stefanus Satake Bayu Setianto memastikan polisi bersikap profesional dalam menangani persoalan tewasnya seorang tersangka kasus judi saat penggerebekan oleh petugas yang berujung pada aksi massa.

Kepada media, Satake Bayu menyebutkan, Kapolda sudah memerintahkan tim Propam untuk ikut turun ke Solok Selatan untuk memeriksa terkait prosedur penembakan yang menyebabkan kematian, terhadap tersangka dengan inisial D

Hal-hal yang menjadi perhatian pihaknya, kata Satake Bayu, termasuk juga prosedur penindakan (penembakan) tersebut dan proses ini akan diselesaikan secara terbuka, sesuai hasil mediasi dengan ninik mamak dan tokoh masyarakat setempar.

“Kami pastikan proses penanganan dan penyelidikan dalam kasus ini oleh propam Polda dilakukan secara transparan. Di sisi lain, untuk perusakan Mapolsek Sungai Pagu tersebut, juga akan diproses secara hukum,” ungkapnya Kamis (28/1/2021).

Sebelumnya penembakan itu terjadi berawal setelah anggota polisi daerah itu melakukan penangkapan terhadap seorang daftar pencarian orang (DPO), dan melakukan penembakan karena saat penggerebekan terjadi perlawanan.

“Ada penangkapan di lokasi perjudian, kemudian terjadi perlawanan dan anggota diserang pakai golok oleh tersangka (DPO) dengan inisial D. Sehingga salah seorang anggota kepolisianpun mengalami luka di bagian tangan akibat terkena sabetan golok tersangka, namun merasa terdesak anggota melepaskan tembakan dengan terukur sehingga mengenai D (Tersangka), dan meninggal dunia,” ungkap Kapolres Solok Selatan, AKBP Tedy Purnanto Rabu (27/1/2021) silam kepada media.

Tedy mengatakan, peristiwa yang menimpa D tersebut kemudian diduga memicu aksi massa di mapolsek dengan menyerang dengan melempari pakai batu. Selain itu, massa juga melakukan pemblokiran jalan, karena luapan emosi tersebut.

Atas kondisi tersebut, satu SSK Brimob Polda Sumatera Barat (Sumbar), dikirim ke Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan tersebut untuk diperbantukan mengamankan situasi di sana. Hingga berita ini diturunkan, kondisi sudah mulai kondusif. (HP-001)

 

  • Bagikan