Kapal Kandas, 34 Penumpang dan Awak KM Sabuk Nusantara di Mentawai Selamat

  • Bagikan
Kapal Kandas, 34 Penumpang dan Awak KM Sabuk Nusantara di Mentawai Selamat 1

HALOPADANG.ID — Sebanyak 34 orang muatan di kapal perintis KM Sabuk Nusantara berhasil dievakuasi pihak terkait dan tim SAR Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat setelah kapal yang mereka tumpangi kandas, Rabu (2/12/2020).

Kepala Kantor SAR Mentawai, Akmal kepada media menyebutkan, kapal ini kandas setelah tersangkut di perairan sekitar pelabuhan Tua Peijat pada pukul 09.30 WIB. Kapal yang mengangkut 14 penumpang itu sebenarnya hendak bertolak menuju pelabuhan di Painan, Pesisir Selatan.

Untuk melakukan evakuasi, kata Akmal lagi, tim SAR Gabungan mengerahkan kapal RIB 02 Mentawai dan KN SAR 240 Mentawai merapat ke KM Sabuk Nusantara. Selanjutya, barulah penumpang dievakuasi.

KM Sabuk Nusantara ini diperkirakan kandas akibat hilang kendali saat pasang surut yang disertai angin kencang. Ketika membelok, kapal kehilangan kendali dan kandas.

“Tinggal menunggu pasang naik dan kapal bisa melanjutkan perjalanan karena kapal tak dalam kondisi bocor akibat kejadian ini,” kata sumber di Tua Peijat. (HP-001)

  • Bagikan