Sebanyak 87.836 Petugas KPPS Jalani Rapid Tes, 16 Positif Covid-19

  • Bagikan
Sebanyak 87.836 Petugas KPPS Jalani Rapid Tes, 16 Positif Covid-19 1

HALOPADANG.ID — Sebanyak 87.836 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang ada di kabupaten kota di Sumatera Barat, sudah menjalani uji rapid hingga Selasa (1/12/2020).

Dalam proses, sebagian dari mereka yang akan mengawal pelaksanaan Pilkada di TPS mengikuti uji usap (swab tes) dan hasilnya, ada 16 orang KPPS yang dinyatakan positif. Hal itu dikatakan Komisioner KPU Sumbar, Izwaryani kepada media.

Menurutnya, pada waktunya nanti, seluruh petugas KPPS akan menjalani uji rapid sehingga mereka siap bertugas di hari H, 9 Desember mendatang. Jika nantinya, di TPS ditemukan ada lebih dua orang positif Covid, maka, akan dilakukan penggantian semua petugas KPPS-nya

“Kemudian dilakukan rekrutmen KPPS yang baru. Namun, untuk prosesnya, tetap mengacu kepada prosedur rekrutmen yang ada,”katanya.

Dari data yang dikantongi KPU Sumbar, ada beberapa TPS yang petugasnya tinggal kurang dari lima orang saja. Sebab beberapa orang teman mereka di TPS itu berstatus positif Covid. Saat ini, katanya, sedang dijalankan penggantian. Sementara, petugas yang positif itu tidak dibenarkan datang ke TPS lagi. (HP-001)

  • Bagikan