Usai Gempa 6,3 SR, Pagi Ini BMKG Catat Tiga Kali Gempa di Sekitar Mentawai

  • Bagikan
Usai Gempa 6,3 SR, Pagi Ini BMKG Catat Tiga Kali Gempa di Sekitar Mentawai 1

HALOPADANG.ID– Setelah Warga Padang dikejutkan gempa berkekuatan 6,3 SR, BMKG mencatat telah terjadi tiga kali gempa sejak Rabu (18/11/2020) pagi ini. Gempa tersebut berada di spot berbeda dan bisa disebut sebagai gempa di lokasi yang baru.

Penjelasan ini disampaikan oleh Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dari Stasiun Geofisika Padang Panjang, Sumatera Barat, Mamuri kepada media.

Dalam catatan BMKG tiga gempa tersebut awalnya terjadi pukul 06.32 WIB di 84 Km Barat Laut Kepulauan Mentawai Sumbar.Gempa itu berkekuatan magnitudo 3,8 dan berada di kedalaman 4 km. Selang satu menit, terjadi kembali dengan skala 3,5 magnitude di 20 Km Tenggara Pulau Siberut Kepulauan Mentawai. Gempa ini berada di kedalaman 30 Km.

“Yang terbaru kekuatannya makin mengecil, yakni 3.0 SR di 51 Km Tenggara Pulau Siberut Kepulauan Mentawai dengan kedalaman 5 Km, pukul 07.26 WIB,”katanya.

Dikatakannya, tiga kali gempa itu bukan susulan dari gempa yang kemarin, tapi gempa di lokasi baru dan seluruh gempa baru tersebut tidak ada yang dirasakan karena kekuatannya kurang dari 5 SR.

“Dari kecenderungan gempa di lokasi baru yang terus mengecil menunjukan daerah tersebut merupakan daerah yang biasa terjadi gempa bumi dengan magnitude rendah. Jadi warga jangan terpancing isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya soal gempa,”terang Mamuri. (HP-001)

  • Bagikan