17 Tenaga Medis Solsel Dites Swab Corona

solok
Ilustrasi labor

HALOPADANG.ID—Tiga orang warga Kabupaten Solok Selatan (Solsel) dinyatakan positif corona (covid-19) setelah hasil Swabnya keluar dari Labor RS Unand, Rabu (6/5).

Dalam riwayat perjalanannya, dari Kota Padang pasien tersebut sempat berobat ke Puskesmas Pakan Rabaa dan RSUD Muaro Labuh.

Untuk mentracking (melacak) kontak erat pasien tersebut sejumlah petugas medis yang pernah kontak dengan pasien mengikuti tes swab.

“Dinas Kesehatan mengambil sampel swab di RS Muaro Labuh. Ada 17 petugas  kesehatan yang dites, dan masih berlanjut di Puskesmas dan lingkungan keluarganya,” ujar Plt Bupati Solok Selatan, Abdul Rahman, dalam video conference yang diwadahi oleh Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sumbar, Rabu (6/5).

Abdul Rahman menjelaskan kronologis warganya terjangkit corona, sebelum diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) atau pada 18 April warga Solsel yang berinisial YT (55) seorang perempuan, berprofesi sebagai ASN (guru) bersama anaknya AA (18) berkunjung ke Padang urusan keluarga, menemui anaknya yang sudah domisili di Parak Karakah, Kota Padang.

“Lalu mereka pulang sebelum PSBB, sampai di Solsel, ada gejala dan keluhan dan mereka mendatangi Puskesmas, Pakan Rabaa, dan mendapat pelayanan dan menunjukan gejala ringan. Mereka diberikan obat lalu isolasi mandiri di Pakan Rabaa Tangah,” ucapnya.(R-01)