PSSI Kesulitan Cari Lawan Tanding untuk Timnas Senior

HALOPADANG.ID — Saat perhatian PSSI seperti terpusat untuk Timnas U-19, Timnas senior justru sedikit terabaikan. PSSI kesulitan menyusun agenda buat Timnas Indonesia senior

Federasi Sepakbola Indonesia sudah memastikan Timnas Indonesia kembali tanpa agenda di jeda internasional Bulan November. Timnas Indonesia juga tanpa Pada jeda internasional Oktober lalu.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI Yunus Nusi menyebut bahwa pihaknya sebenarnya ingin Timnas Indonesia menjalani pertandingan uji coba. Hanya saja, mereka kesulitan mencari lawan tanding.

Begini, saat mengundang tim datang apakah bisa dapat izin. Lalu apakah negara itu mau datang ke Indonesia,” kata Yunus Nusi yang dilansir detiksport.

PSSI juga menilai bahwa agenda Timnas Indonesia belum terlalu mendesak. Salah satu alasannya adalah agenda Piala AFF 2020 yang jadwalnya belum dipastikan.

Soal ini, PSSI keliru karena AFF sudah menetapkan jadwal baru. Piala AFF 2020 yang ditunda ke 2021 sudah diputuskan akan digelar pada 11 April hingga 8 Mei 2021.

“Kami juga nggak berani keluar. Kalau mau menggelar TC juga kan kalau ada pertandingan. Piala AFF kan tahun depan, belum diputuskan jadwalnya,” ujar Yunus Nusi.

Toh kalau mau main di FIFA Matchday, negara lawan belum tentu mau datang, lalu negara mana saja yang mau menerima kita. Jadi kami juga belum bisa spekulasi soal Timnas Indonesia,” ucapnya.

Pernyataan PSSI yang menyebut tak berani mengambil resiko mengirim Timnas Indonesia ke luar menjadi paradoks. Di satu sisi, mereka sedang sibuk mencari negara yang bisa dituju buat Timnas U-19.

Ketimbang tak berani mengambil resiko, sikap PSSI bisa disebut lebih ke tepat disebut masalah prioritas. PSSI lebih memprioritaskan Timnas U-19 ketimbang Timnas Indonesia. (HP-002)