Sumatera Barat Terendah Angka Kematian Akibat Covid-19

  • Bagikan
swab
ASN Pemko Pariaman mengikuti tes swab di Kota Pariaman

HALOPADANG.ID – Sempat menunjukkan angka mengkhawatirkan penyebaran Covid-19, Sumatera Barat ternyata tetap menjadi salah satu provinsi terbaik di Indonesia dalam penanganan dan pengendalian penyebaran Covid-19. Daerah ini bahkan termasuk daerah dengan angka kematian terendah, yakni di bawah dua persen.

Hal itu disampaikan Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19 Wiku Adisasmito. Menanggapi ini, Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno mengatakan, pihaknya terus berupaya menekan angka kasus harian dan kematian di daerah dengan dibarengi terus meningkatkan angka kesembuhan pasien Covid-19.

“Saat ini, Indonesia telah memasuki era kehidupan baru. Masyarakat diperbolehkan untuk beraktivitas di luar rumah untuk menghidupkan kembali perekonomian, namun harus patuhi protokol kesehatan,” ujar gubernur dua periode ini.

Dijelaskan Irwan Prayitno, semua ini tidaklah mudah, kasus positifnya harus turun dan Positivity Rate juga harus turun.

”Hal ini harus diiringi dengan angka kesembuhan yang meningkat dan angka kematian harus turun serendah-rendahnya. Alhamdulillah dari segi kematian, Sumbar di bawah 2 persen termasuk rendah di Indonesia dan tingkat kesembuhan di luar Jawa termasuk yang tertinggi,” kata politisi PKS ini.

Itu adalah target yang sebenarnya, jadi bertambahnya kasus Covid-19 di Sumbar, karena pemprov Sumbar dan Pemkab Pemkot masif dan aktif mencari (tracking dan tracing) dan juga memperbolehkan orang keluar rumah untuk beraktivitas, itu suatu hal yang mengakibatkan bertambahnya orang positif Covid-19. (HP-004)

  • Bagikan