Plt Dirut RSUD Pasbar yang Positif Covid-19 ‘Hilang’ dari Ruang Isolasinya

rsud
Ilustrasi dokter

HALOPADANG.ID–Plt Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasaman Barat, YU (62) yang sedang menjalani isolasi Covid-19 di ruangan VIP RSUD diduga meninggalkan ruangan isolasi tanpa diketahui keberadaannya hingga saat ini.

Ia sudah diduga meninggalkan ruangan isolasi sejak Jumat (11/9) malam. Tim Satuan Gugus Tugas Pasbar juga tidak mengetahui keberadaan pasien positif tersebut hingga Sabtu (12/9) malam.

Dokter penanggungjawab pasien Covid-19 di RSUD Pasaman Barat dr. Dian saat dikonfirmasi mengatakan pasien YU yang merupakan Plt Direktur RSUD membantah yang bersangkutan melarikan diri tetapi dari ruangan isolasi tetapi keberadaannya saja yang saat ini belum ketahui.

“Kalau lari rasanya tidak karena beliau juga sudah pamit dengan perawat disana dan akan pulang ke rumahnya di Talu Kecamatan Talamau. Begitu pengakuan para perawat,” katanya.

Menurutnya Plt Direktur juga sudah menghubunginya melalui telepon seluler untuk isolasi mandiri dan pengakuannya di rumahnya di Talu.

“Beliau berpesan kalau sudah masuk jadwal tes usap atau swab test maka beliau akan datang. Bisa saja beliau isolasi di Talu makanya pintu pagar dikunci. Baiknya coba hubungi saja beliau,” katanya.

Ia menyatakan Plt Direktur itu merupakan seorang dokter dan mengetahui protokol kesehatan. Cuma sangat disayangkan saja komunikasi terputus.

Kepala Bidang Pelayanan RSUD, dr Rahayu Lestari mengakui Plt Direktur tidak ada memberitahukan dirinya meninggalkan ruangan isolasi di RSUD.

Ia mengakui YU sejak awal memang tidak isolasi di ruangan Covid-19 yang disediakan tetapi di ruangan VIP yang menjadi tempat istirahat beliau selama ini.

Selama isolasi, ia tidak keluar dari ruangan, makanan dan obat untuk beliau pun disiapkan rumah sakit dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Namun, dari awal katanya dokter spesialis paru pemeriksaan RSUD juga sudah menganjurkan pasien untuk isolasi di rumah aja karena tidak ada penyakit penyerta yang memberatkan. Namun Ia isolasi diruangan VIP.

“Hanya itu yang bisa saya jelaskan,” katanya.

Sementara Koodinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Penanggulangan Bencana Satuan Tugas Penanganan Percepatan Covid 19 Edi Busti membenarkan Plt Direktur yang sedang menjalani isolasi Covid-19 di RSUD tidak ada di ruangan berdasarkan informasi dari Kepala Bidang Pelayanan RSUD.

Ia mengatakan berdasarkan informasi itu, ruangan isolasi terkunci dan mobil dinas juga tidak ada.

“Setelah kami tanya ke pihak rumah sakit tidak mengetahui keberadaannya. Kemudian dilihat di rumahnya di Talu juga tidak ada dan terpasang gembok. Dihubungi via telphone juga tidak bisa,” katanya.

Saat media berusaha menghubungi YU melalui handphonenya pada Sabtu (12/9) malam, tak ada jawaban.

Sebelumnya, Plt Direktur RSUD YU itu diketahui terinfeksi positif Covid-19 berdasarkan hasil Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand Padang pada Senin (7/9).