BNPB Bakal Tanam 1000 Pohon Pinago

bnpb
Kalaksa BPBD Kota Pariaman, Azman

HALOPADANG.ID–Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Republik Indonesia berencana akan menanam seribu pohon pinago di kawasan Pantai Pariaman tepatnya dekat Mesjid Terapung Desa Pauh Barat, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman pada Rabu, (9/9).

Kalaksa BPBD Kota Pariaman, Azman membenarkan hal tersebut. Ia menjelaskan, pada Rabu (9/9) Kota Pariaman akan dikunjungi Deputi BNPB Pusat dalam rangka kegiatan program BNPB penanaman 1000 pohon pinago di kawasan pantai Kota Pariaman,” ucap Azman kepada Tim Media Center Kota Pariaman, Senin (7/9).

“Target penanam pertama adalah sebanyak 20 bibit pohon dari Dinas Pertanian Kota Pariaman. Persiapan penanaman pembuatan lobang (20 lobang) oleh peserta yang hadir,”katanya.

Azman mengungkapkan, direncanakan penanam bibit pinago tersebut dilakukan mulai pagi, tapi kita masih menunggu koordinasi dari BNPB pusat dan menyesuaikan jadwal dari Deputi tersebut.

“Pihak yang akan ikut serta menanam secara simbolis nantinya adalah Walikota Pariaman, Kalaksa BPBD Provinsi Sumbar dan Deputi BNPB Pusat,”ujarnya.

Azman menjelaskan, program penanaman 1000 pohon pinago ini merupakan realisasi hasil kunjungan Kepala BNPB Pusat, Doni Monardo pada tahun 2019 lalu.
Selain itu, diharapkan program ini sangat berguna bagi Kota Pariaman, dimana sepanjang 12 KM wilayahnya ialah pesisir pantai.

“Mudah-mudahan penanaman seribu pohon ini tidak hanya menjadi seremonial belaka, lebih dari itu tugas kita bersama untuk merawatnya. Kita berharap kelak pohon pinago ini tumbuh besar dan dapat menjadi pelindung bagi anak keturunan kita dari mengurangi dampak bencana gelombang besar atau Tsunami,”tutur Azman.(P-01/rel)