Kunjungi Gamawan Fauzi, Azwar Anas, Hingga Syahrul Ujud. Nasrul Abit : Mangambil Contoh dari Para Tokoh

  • Bagikan
Kunjungi Gamawan Fauzi, Azwar Anas, Hingga Syahrul Ujud. Nasrul Abit : Mangambil Contoh dari Para Tokoh 1
Pasangan Cagub dan Cawagub Sumbar Nasrul Abit-Indra Catri, berkunjung ke kediaman tokoh Minang Gamawan Fauzi dan Azwar Anas, akhir pekan lalu di Jakarta. (dok.istimewa)

HALOPADANG.ID – Pekan lalu, Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur (Cagub-Cawagub) Sumbar, Nasrul Abit-Indra Catri (NA-IC), berkunjung ke kediaman para tokoh Minang di Jakarta. Nasrul Abit menyebutkan, kunjungan itu semata-mata upaya NA-IC untuk mengambil tuah dan contoh kepada tokoh-tokoh yang berjasa besar untuk Sumbar.

Sabtu 21 Agustus 2020, paslon dari Gerindra itu bertandang ke kediaman Mantan Gubernur Sumbar yang juga Menteri Dalam Negeri periode 2009-2014 Gamawan Fauzi. Nasrul Abit menyebutkan, ada kesetalian visi dan misi antara dirinya dan Gamawan Fauzi, dalam melihat Sumbar ke depan.

“Mungkin karena latar belakang kami sama-sama birokrat, sehingga rencana kami selaras dengan wejangan Pak Gamawan Fauzi. Semua saran dan masukan beliau akan kami masukkan dalam program kerja NA-IC 2021-2026,” kata Nasrul Abit usai pertemuan.

Masukan-saran yang diterima dari mantan Bupati Solok dua periode itu, sambung Nasrul Abit, salah satunya adalah yang sekaitan dengan sektor pemerintahan. Mulai dari pentingnya memperkuat hubungan antar daerah dengan pusat, harmonisasi antar lembaga legislatif dan eksekutif, serta memperkuat penerapan falsafah Adat Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK) di lingkungan birokrasi hingga ke setiap lini hidupan bermasyarakat.

“NA-IC bertekad mewujudkan Sumbar yang unggul. Tentu saja program penguatan bidang pemerintahaan, sebagaimana disampaikan Bapak Gamawan Fauzi, jadi salah satu pilar penting dalam mewujudkan tekad itu. Sebab, muara dari tata kelola pemerintahan yang baik, bersih, dan transparan, tentu saja pelayanan publik yang prima dan pemerataan dalam percepatan pembangunan,” kata Nasrul Abit lagi.

Pesan Azwar Anas dan Syahrul Ujud

Di hari yang sama, NA-IC juga bersilaturahmi ke kediaman tokoh Minang lainnya, yang juga mantan Gubernur Sumbar serta berpengalaman mengomandoi beberapa pos kementerian di pusat, Azwar Anas. Dalam pertemuan itu, NA-IC juga disambut tokoh lain yang juga mantan Wali Kota Padang Syahrul Ujud.

Dalam pertemuan itu, kata Nasrul Abit, ia menerima titipan program dari dua tokoh teladan itu, agar menjadi fokus dalam menjalankan roda pemerintahan provinsi ke depan. NA-IC pun berjanji untuk menunaikan pesan dari tokoh yang sangat berpengalaman di bidang sosial, pemerintahan, dan keagamaan tersebut.

“Setidaknya ada tiga landasan utama yang dipesankan Bapak Azwar Anas kepada kami. Yaitu, bagaimana kita bisa menciptakan Sumbar Unggul, yang berlandaskan pemanfaatan kearifan lokal budaya Minang, keimanan dan ketakwaan, serta memaksimalkan potensi ranah dan rantau,” ucap Nasrul Abit lagi.

Nasrul Abit merincikan rencana ke depan NA-IC, bahwa kearifan lokal betul-betul harus tergambar dalam pelaksanaan pemerintahaan dengan perlibatan intensif alim ulama, niniak mamak, serta cadiak pandai.

“Untuk landasan keimanan dan ketakwaan, kami tekankan pada pemahaman bahwa pekerjaan mengurus daerah ini bukan perkara dunia semata. Sebab, pertanggungjawabannya sampai ke hadapan Allah nanti,” sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama, Cawagub Indra Catri juga mengatakan, bahwa NA-IC menyadari besarnya peran dan potensi perantau Minang untuk mewujudkan Sumbar yang unggul. Oleh karena itu, pesan yang dititipkan para tokoh menjadi selaras dengan visi dan misi yang diusung dirinya dengan Nasrul Abit.

Manuladani nan Bana

Cagub Nasrul Abit menekankan, bahwa silaturahminya dengan para Tokoh Minang di ranah dan di rantau semata-mata untuk mendengar dengan baik tiap masukan dan saran. Agar ke depan, pembangunan di Sumbar bisa berjalan dengan dukungan penuh dari semua kalangan.

“Kita menjalankan prinsip sebagai orang Minang. Mengambil tuah pada yang menang, mengambil teladan pada yang benar, dan mengambil contoh pada yang sudah. Para tokoh kita ini, adalah orang yang berjasa besar dan punya pemikiran besar untuk Sumbar. Sehingga sudah sepatutnya kami, NA-IC, menjemput saran pada beliau-beliau ini,” ujar Nasrul Abit lagi.

Cawagub Indra Catri ikut menambahkan, mencontoh pada yang benar tidak hanya dialamatkan kepada para tokoh yang dikunjungi. Selain itu, segala keberhasilan dalam program pembangunan di Sumbar, di bawah kepemimpinan Gubernur Irwan Prayitno dan Wagub Nasrul Abit, juga akan dilanjutkan dan dikembangkan ke depannya.

“Yang sudah berjalan baik, kita jadikan lebih baik. Yang belum berjalan baik, kita buat jadi baik. Pada intinya, kesinambungan dalam pembangunan itu harus ada. Dan itu jadi fokus NA-IC untuk Sumatera Barat Unggul,” tukasnya. (zy)

  • Bagikan