Dua Kantor Lurah Selesai Dibangun, Mahyeldi Harap Pelayanan Ditingkatkan

lurah
Peresmian dua kantor lurah yaitu Ganting Parak Gadang dan Kampung Baru Nan XX, Rabu (26/8) yang dilakukan secara seremonial di Kantor Lurah Ganting Parak Gadang.

HALOPADANG.ID – Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah meminta supaya pelayanan terhadap masyarakat di kantor-kantor lurah bisa lebih baik. Apalagi saat ini fasilitas dan bangunan di kantor lurah sudah baik dan memadai.

Demikian disampaikannya saat meresmikan dua kantor lurah yaitu Kantor Lurah Ganting Parak Gadang dan Kampung Baru Nan XX, Rabu (26/8) di Kantor Lurah Ganting Parak gadang.

“Kantor lurah adalah ujung tombak paling utama dalam melayani masyarakat. Jadi hendaknya pelayanan yang diberikan bisa lebih baik, ditambah lagi saat ini sebagian besar kantor lurah bangunnannya telah memadai dengan fasilitas lengkap,” ujar Wako Mahyeldi.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPRKPP) Tri Hadyanto menambahkan, tahun 2020 ada lima kantor lurah yang dibangun. Lima kantor lurah tersebut yaitu Ganting Parak Gadang, Kampung Baru Nan XX, Alai Parak Kopi, Lambung Bukik, dan Parak Gadang Timur.

“Dari lima kantor lurah tersebut, baru dua yang sudah rampung 100 persen yaitu Ganting Parak Gadang dengan waktu pengerjaan 180 hari kalender dengan anggaran Rp1,1 miliar dan Kampung Nan XX waktu pengerjaan 150 hari kalender dengan anggaran Rp1,28 miliar. Untuk Ganting Parak Gadang didesign satu lantai, sementara Kampung Baru Nan XX di design dua lantai. Hal tersebut karena ketesediaan luas lahan,” ulas Tri.

Untuk tiga kantor lurah lainnya masih dalam tahap pengerjaan yang diperkirakan selesai pada September mendatang.

“Untuk tahun ini memang kita terkendala anggaran yang rencana awalnya ada pembangunan satu kantor camat. Anggaran tersebut terpaksa kita alihkan untuk kebutuhan penanganan Covid-19. Namun, kita bersyukur lima kantor lurah bisa terus kita lakukan pembangunannya,” tandas Tri.

Sementara itu, Camat Padang Timur Ances Kurniawan yang juga hadir pada kesempatan itu mengatakan bahwa dengan telah dibangunnya kantor lurah secara layak, maka diharapkan pelayanan bisa ditingkatkan. Menurutnya, kantor lurah sejatinya adalah milik masyarakat.

“Karena ini milik masyarakat, maka berikanlah pelayanan terbaik bagi masyarakat tersebut,” imbuhnya.

Ances menambahkan, pada 2021 nanti akan dibangun Kantor Camat Padang Timur. Selanjutnya, untuk kantor lurah Simpang Haru akan dipindahkan ke kantor camat yang lama.