Pariaman Punya Desa Tagok, Hadapi Krisis Ekonomi dan Keamanan

desa tagok
Peresmian Desa Tagok di Kota Pariaman

HALOPADANG.ID–Wakil Wali Kota Pariaman, Mardison Mahyuddin Launching Desa Cubadak Mentawai Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman sebagai Desa Tangguh Nusantara atau Desa Tagok pada Senin (24/8).

Launching Desa Tangguh Nusantara yang diistilahkan dengan Desa Tagok juga dihadiri oleh Kapolres Pariaman, Dandim 0308 Pariaman yang diwakili oleh Dandramil Pariaman, Ketua DPRD Kota Pariaman, Kepala DPMD Kota Pariaman, Babhinkamtibmas dan Babinsa Desa Cubadak Mentawai, Camat Pariaman Timur, PKK Kota dan Kecamatan serta niniak mamak, dubalang dan tokoh masyarakat di desa tersebut.

Dalam sambutannya Mardison mengapresiasi kegiatan ini dan mengucapkan banyak terima kasih kepada TNI dan Polri serta seluruh masyarakat di Desa Cubadak Mentawai Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman yang bekerja sama sehingga terwujudlah desa tagok (tangguh) ini.

“Alhamdulillah kembali untuk kedua kalinya Kota Pariaman mempunyai desa tangguh nusantara. Desa Cubadak Mentawai Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman merupakan desa kedua setelah Desa Sikabu Kecamatan Pariaman selatan melounching desa tangguh pasca pandemi covid-19, “ ungkapnya.

Sebelumnya Wali Kota Pariama Genius Umar telah melakukan peninjauan kampung tangguh (Tagok) di Desa Cubadak Mentawai, Kecamatan Pariaman Timur, Kota Pariaman. Keberadaan kampung tangguh mendapat respon positif dari masyarakat Kota Pariaman.

“Desa Tangguh Nusantara bukan hanya seremonial belaka, tetapi dapat bermanfaat bagi masyarakat Desa Cubadak Mentawai pada umumnya. Desa Tagok/Tangguh Nusantara ini adalah sebagai tempat memberikan edukasi kepada masyarakat supaya tetap semangat ketika ditengah Pandemi Covid-19, terlebih saat ini kita berada diera New Normal, semua masyarakat harus mampu dan tetap semangat dengan kehidupan yang baru, “ terangnya.

Ia berharap desa/kelurahan lain dapat menyusul mendirikan desa tangguh nusantara.Adanya kampung tangguh dapat mendorong masyarakat lebih taat dan tertib dalam menjalankan protokol kesehatan di lingkungannya.

Sementara itu Kapolres Pariaman Deni Rendra Lesmana dalam sambutannya mengatakan bahwa desa tagok/tangguh merupakan program sinergitas Polri dan TNI dengan bantuan jajaran TNI untuk menjaga keamanan dan ketertiban sebuah desa.

“Hadirnya desa tagok/Tangguh Nusantara ini sebagai respon atas kekhawatiran masyarakat di tengah Pandemi Covid-19 yang terjadi dari awal tahun 2020 sampai dengan sekarang. Karena, disaat Pandemi Covid-19 telah terjadi krisis kesehatan dan berpengaruh pada krisis ekonomi, dikhawatirkan juga akan terjadi krisis keamanan. Dan hal inilah yang melatarbelakangi terbentuknya desa tagok/tangguh Nusantara ini,” paparnya.