Belasan Pendaki Gunung Talang Tak Kuat Dingin, Terpaksa Dievakuasi

pendaki
Proses evakuasi pendaki Gunung Talang yang mengalami Hyphotermia akibat cuaca ekstrim oleh tim TRC BPBD Kab. Solok, Selasa (18/8).WANDI MALIN

HALOPADANG.ID–Sebanyak 11 orang pendaki Gunung Talang, terpaksa harus dievakuasi oleh Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok, kerena menderita Hypothermia (Penurunan suhu tubuh secara drastis), Selasa (18/8) sore.

“Mereka mengalami Hypothermia yang dipicu akibat suhu dingin di Gunung Talang,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Solok, Armen.

Armen menyebutkan, ribuan pendaki dari berbagai daerah memadati jalur pendakian Gunung Talang Kabupaten Solok, untuk memperingati moment HUT ke 75 RI pada 17 Agustus 2020. Para pendaki mulai menapaki jalur pendakian dari Nagari Aia Batumbuk, Kecamatan Gunung Talang, sejak Sabtu 15 Agustus 2020.

Puncaknya terjadi pada Minggu 16 Agustus 2020 sore hingga malam, ribuan pendaki dan pegiat alam bebas ini memadati jalur pendakian menuju puncak Gunung Talang. Namun akibat cuaca ekstrim, hujan dan kabut tebal, sebagian pendaki mengurungkan niatnya untuk menuju ke puncak, lantaran jalur pendakian yang sudah hancur dipenuhi lumpur.

“Ada yang memilih bertahan di R 06, karena untuk melanjutkan pendakian menuju puncak tidak memungkinkan. Bagi yang sudah naik sejak sehari sebelumnya, banyak yang sudah sampai dan beristirahat di base camp lokasi pendirian tenda,” terangnya.

Adapun Data asessment BPBD Kabupaten Solok yang telah dilakukan evakuasi pendaki Gunung Talang ke posko pesanggrahan – R 06 berdasarkan data jam 17.02 WIB adalah sebagai berikut:

1. Sindy P 25 th Padang
2.Putri P 16 th Pekanbaru
3. Anis P 18 th Pekanbaru
4. Zahri P 19 th
5. Silvi P 25 th Padang
6. Dewi P 19 th Padang
7. Dewi P 26 th Padang
8. Leni (sudah tiba d posko kesehatan pesanggrahan/R6 untuk dilakukan pemulihan)
9. Kelvin L 18 th Padang
10. Ana P 18 th Payakumbuh

“Saat ini pukul 18.00 WIB, sedang dilakukan evakuasi satu orang lagi di R 24. Jadi totalnya sudah 11 orang,” terang Armen.

Terpisah, Nabil (16) salah seorang pendaki asal nagari Cupak Kec. Gunung Talang mengungkapkan, ia bersama 6 orang temannya terpaksa harus membatalkan niatnya untuk mengikuti upacara bendera memperingati HUTRI ke 75 di puncak Gunung Talang, lantaran terkendala cuaca.