Melebihi Muatan, Longboat Pengangkut Kelapa di Mentawai Terbalik

  • Bagikan
longboat
Longboat Pengangkut Kelapa di Mentawai Terbalik

HALOPADANG.ID — Longboat pengangkut kelapa dari Pulau Siburu atau yang dikenal dengan pulau panjang menuju Tuapejat, terbalik ditengah perjalanan, diduga karena melebihi kapasitas muatan, Selasa (18/08).

Kejadian tersebut sempat dilaporkan oleh salah satu korban yang ikut dalam perjalanan tersebut ke petugas Search And Rescue (SAR) Mentawai, setelah mendapatkan laporan Tim SAR gabungan langsung turun ke lokasi kejadian.

“Kami menerima informasi terkait kejadian kecelakaan kapal atau longboat terbalik dari pak Ajo Limin sekira pukul 14:11 WIB bahwa ada boat terbalik pada pukul 13:30 WIB, selanjutnya kita menyiapkan tim yang kemudian turun ke lokasi pada pukul 14:25 Wib, dan alhamdulilah korban berhasil dievakuasi pada pukul 14:35 WIB, ” papar Akmal Kepala Kantor Sar Mentawai pada haluan.

Ia menjelaskan, insiden tersebut diperkirakan terjadi pada titik Koordinat : 2°0’40.40″S – 99°35’29.94″E tepatnya di perairan laut pulau panjang yang berada tepat dihalam Desa Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara atau berjarak kurang lebih 1,1 MN dari Dermaga Tuapejat.

Dalam aksi Tim gabungan yang melibatkan unsur Sar, BPBD Mentawai, Polri dan TNI serta masyarakat setempat berhasil mengevakuasi korban dengan selamat beserta boat dan muatannya.

Adapun korban yang diselamatkan antara lain Ajo Limin (48), Herman (29) dan Tainong (30), sementara alutsista yang digunakan dalam operasi sar tersebut antara lain Rib 02 Sar Mentawai, Alat Komunikasi dan Albanav, Peralatan Evakuasi dan Rescue Carrier.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Mentawai khususnya yang melakukan perjalan laut baik menggunakan kapal atau pun longboat untuk tetap berhati-hati dan mengutamakan keselamatan,” tutupnya. (X-01)

  • Bagikan