Lisda Hendrajoni Bagikan Masker Khusus untuk Tuna Rungu

  • Bagikan
lisda hendrajoni
Anggota DPR RI Fraksi NasDem, Lisda Hendrajoni, menyerahkan secara simbolis bantuan beras dan masker transparan khusus untuk penyandang disabilitas Tuna Rungu dalam rangka memperingati HUT RI ke 75 di rumah dinas bupati setempat.

HALOPADANG.ID–Anggota DPR RI Fraksi NasDem, Lisda Hendrajoni, menyerahkan secara simbolis bantuan beras dan masker transparan khusus untuk penyandang disabilitas Tuna Rungu dalam rangka memperingati HUT ke 75 RI di Kabupaten Pesisir Selatan.

Sebanyak 10 orang penyandang disabilitas Tuna Rungu mendapatkan bantuan masker dan beras dari Lisda Hendrajoni bertempat di pendopo Rumah Dinas Bupati setempat, Selasa (18/8).

“Ya, sebenarnya niat ini sudah lama. Namun, baru tersalurkan pada momen perayaan HUT ke 75 RI ini. Dan masker ini dirancang khusus bagi mereka penyandang disabilitas Tuna Rungu atau Bisu,” ujar Lisda menjawab pertanyaan wartawan di sela-sela kegiatan tersebut.

Menurutnya, para disabilitas membutuhkan masker khusus agar mereka dengan mudah melakukan interaksi dengan sesama. Selain itu, penyerahan masker juga syarat utama dalam penerapan protokol kesehatan Covid-19 di Kabupaten Pesisir Selatan.

“Mereka ini kalau berinteraksi kan jaraknya dekat melalui gerak tangan. Tentu perlu juga pakai masker di tengah pandemi sekarang ini,” tuturnya.

Lisda menjelaskan, masker khusus yang dibagikan pada penyandang disabilitas Tuna Rungu dirancang khusus pada bagian mulut dibuat transparan. Tujuannya ketika mereka berbicara maka gerak mulutnya terlihat jelas.

“Dengan cara demikian sehingga mereka lebih mudah berinteraksi dengan sesama,” ucapnya.

Ia menyebutkan, kegiatan penyerahan masker khusus bakal terus digencarkan bagi penyandang disabilitas di Sumatera Barat, khususnya Kabupaten Pesisir Selatan.

“Hari ini perdana kami salurkan di Pessel. Namun, kegiatan seperti ini bakal terus berlanjut, khususnya daerah pemilihan Sumbar I. Hingga kini, kami terus mendata berapa total penyandang disabilitas Tuna Rungu yang ada,” ujarnya.

Ia berharap, ditengah wabah pandemi yang belum tahu kapan akan berakhir, masyarakat diminta tetap waspada dan selalu jaga kesehatan dengan cara menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Ya, jangan lupa pakai masker, rajin mencuci tangan, jaga jarak, dan hindari keramaian,” tuturnya mengakhiri. (G-01)

 

  • Bagikan