Koramil di Dharmasraya Ini Gelar Gerakan 1000 Bendera Merah Putih

bendera
Danramil Pulau Punjung Mayor Tuti Andayani saat membagikan secara simbolis bendera merah putih

HALOPADANG.ID–Untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) KE 75 Kemerdekaan Republik Indonesia, jajaran Komando Rayon Militer (Koramil) 03/PP Pulau Punjung, menggelar kegiatan pemasangan bendera gratis dalam rangkaian kegiatan Pengibaran 1000 bendera merah putih, Jumat (14/8).

Danramil Pulau Punjung Mayor Tuti Andayani, saat ditemui awak media di lapangan mengatakan,acara tersebut di pusatkan di halaman kantor Wali Nagari Gunung Medan, yang diawali dengan kegiatan apel dan dilanjutkan dengan memasang bendera ke rumah-rumah warga yang belum memasang bendera merah putih pada peringatan 75 Tahun kemerdekaan negara Republik Indonesia ini.

Dijelaskannya, kegiatan itu dilaksanakan bertujuan untuk membangkitkan kembali rasa nasionalisme dan semangat cinta tanah air dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam kegiatan tersebut, katanya, disamping melibatkan personel TNI juga melibatkan segenap kepala jorong di masing-masing kenagarian dan bersama unsur tokoh masyarakat dan pemuda setempat.

Lanjut Andayani, pada peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 ini, juga akan dilaksanakan patroli bersama antara Babinsa dengan jajaran petugas Bhabinkamtibmas untuk melakuan imbauan kepada masyarakat terkait penerapan kebiasaan adaptasi baru dalam tatanan kenormalan baru Covid-19 yang akan dilaksanakan pada 15 Agustus 2020.

“Pada hari yang sama juga direncanakan giat bakti sosial dengan sasaran kegiatan gotong royong membersihkan tempat-tempat ibadah dan makam pahlawan bersama masyarakat, “katanya.

Sementara pada hari puncak peringatan kemerdekaan pada 17 Agustus 2020 nanti, lanjutnya, akan dilaksanakan Upacara HUT RI yang pelaksanaannya disesuaikan dengan standar protokol Covid-19, dan dilanjutkan dengan pembagian masker gratis bagi masyarakat.

“Untuk kegiatan lainnya seperti nonton bareng film Merah Putih Memanggil dan Dora Tanda Cinta, akan dilaksanakan menyesuaikan jadwal dan lokasi yang ditentukan oleh pihak Kodim 0310/SSD, “tuturnya.

Danramil Pulau Punjung, Mayor CaJ (K) Tuti Andayani, serahkan bendera merah putih gratis secara simbolis kepada salah seorang petugas sebelum dikibarkan pada rumah-rumah warga.