Perpustakaan Nagari di Pasbar Ini Masuk Nominasi Lomba Nasional

perpustakaan
Perpustakaan Nagari Sasak Pasaman Barat

HALOPADANG.ID–Perpustakaan Nagari memiliki peran penting dalam upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan kesejahteraan masyarakat.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Pasaman Barat Sutriarti, Kamis (13/8). Dikatakannya di tahun 2020 Perpustakaan Nagari Sasak Pasaman Barat berhasil meriah Juara 1 Tingkat Provinsi dan masuk nominasi lomba tingkat nasional.

“Berarti sudah dua kali Kabupaten Pasaman Barat mengikuti lomba serupa di Tingkat Nasional. Tahun 2019 Pasaman Barat berhasil meraih juara 1, mudah-mudahan tahun 2020 ini dapat diraih kembali,”ujar Sutriarti.

Ia juga memohon doa masyarakat Kabupaten Pasaman Barat agar apa yang dicita-citakan bersama bisa terwujud. Karena sejatinya, literasi merupakan jendela ilmu pengetahuan.

Kemudian, lanjut Sutriarti pengembangan perpustakaan nagari dilaksanakan melalui kegiatan penguatan budaya literasi di Perpustakaan Nagari yang sangat dekat dengan masyarakat.

“Sehingga dapat mewujudkan masyarakat Pasaman Barat yang berpengetahuan, inovatif, kreatif, dan berkarakter,”tandas Sutriarti.

Ia menyampaikan Perpustakaan Nasional RI selaku lembaga pembina nasional di bidang perpustakaan setiap tahun mengadakan ‘Lomba Perpustakaan Desa/Nagari Tingkat Nasional’.

“Lomba ini dimaksudkan untuk memacu kreatifitas para pengelola perpustakaan desa/nagari dalam meningkatkan mutu dan intensitas layanan perpustakaan bagi masyarakat pedesaan agar terwujudnya kesejajaran memperoleh informasi,”jelasnya.

Kemudian berdasarkan hasil penilaian dewan juri lomba perpustakaan umum terbaik (desa/ kelurahan) tingkat nasional tahun 2020 terhadap hasil pemenang Lomba Perpustakaan Umum Terbaik (Desa/ Kelurahan) Tingkat Provinsi Tahun 2020. Dewan Juri Tingkat Nasional telah menetapkan perpustakaan Nagari Sasak, Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat Lolos dalam babak nominasi 6 (enam) besar klaster B tingkat Nasional.

“Kami bersyukur bahwa Perpustakaan Nagari di Pasaman Barat telah menunjukkan kinerja dan prestasi yang membanggakan. Tahun 2019 yang lalu Perpustakaan Nagari Koto Baru berhasil mengukir prestasi dan mengharumkan nama Provinsi Sumatera Barat dan Kabupaten Pasaman Barat dengan menjadi Juara 1 Lomba Perpustakaan Nagari Klaster B Tingkat Nasional,”kata Sutriarti.

Ia berharap perpustakaan Nagari Sasak tahun ini dapat memberikan yang terbaik sebagaimana kiprah yang telah diperlihatkannya sebagai Pusat Inklusi Sosial Pariwisata di Pasaman Barat karena dengan kondisi pandemi covid-19 saat ini.

“Diharapkan kegiatan-kegiatan inklusi sosial pariwisata Perpustakaan Nagari Sasak akan dapat meningkatkan kembali pariwisata di Pasaman Barat, “harap Sutriarti.(S-01)

Terlihat pengunjung Perpustakaan Nagari Sasak Kabupaten Pasaman Barat.