Januari-Juli, 174 Kecelakaan di Padang Pariaman, Korban Mayoritas Pelajar

kecelakaan
Barang bukti kecelakaan kendaraan bermotor di Padang Pariaman di Kantor Satlantas Padang Pariaman.

HALOPADANG.ID–Kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Kabupaten Padang Pariaman sejak awal 2020 hingga Juli 2020 mencapai 174 kasus dengan korban mencapai 349 orang.

Kapolres Kabupaten Padang Pariaman AKBP Dian Nugraha, melalui Kasat Lantas Polres Padang Pariaman IPTU Indra KS mengatakan faktor utama penyebab kecelakaan adalah pengemudi yang masih berusia di bawah umur atau belum dewasa.

“Benar, kasus kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Padang Pariaman masih terbilang tinggi. Sedikitnya semenjak Januari 2020 hingga Juli telah terjadi sebanyak 174 kasus lakalantas,” kata Indra KS, Kamis (13/8).

Lebih lanjut IPTU Indra KS menuturkan, dari 174 kasus itu menelan korban sebanyak 349 orang. “Diantara 349 korban itu terdiri dari 35 korban meninggal dan 314 korban luka ringan,” jelas IPTU Indra KS.

Kasat Lantas itu menjelaskan, ‘penyumbang’ kecelakaan lalu lintas didominasi oleh remaja dan pelajar. “Paling banyak yang terlibat kecelakaan adalah remaja atau pelajar. Sementara kendaraan yang terlibat adalah sepeda motor,” jelasnya.

IPTU Indra KS juga menyebutkan, jika dibandingkan tahun sebelumnya (2019), kecelakaan lalu lintas tahun ini jauh berkurang trend-nya. Setidaknya pihaknya mencatat telah terjadi lakalantas pada 2020 sebanyak 363 kasus.

“Kalau dilihat trend-nya tahun 2019 lebih banyak kasus kecelakaan. Sebanyak 363 kasus telah terjadi,” ulas Indra KS. Kendatipun demikian dia berharap kasus kecelakaan terus berkurang setiap harinya.

“Tentu kita berharap kasus kecelakaan berkurang, kalau bisa tidak ada sama sekali. Ini tentu tolok ukurnya adalah kesadaran aturan lalu lintas, sejauh mana pengemudi paham dan menerapkan aturan berlalu lintas. Maka dari itu kami selalu mengimbau pada setiap warga mematuhi aturan lalu lintas serta jangan membiarkan anak yang masih belum dewasa mengendarai kendaraan sendiri,” jelas Indra.(W-01).